Wednesday, November 21, 2018

Hati – hati buat kamu yang suka melakukan “Body Shaming” ini ancamannya!!

          Halohaaa Sigmainerss, Pernah ga sih kamu mendapatkan komentar negatif body shaming (bentuk fisik) di media sosial atau bahkan dimuka umum, hmm atau barangkali kamu pernah melontarkan komentar ini kepada orang lain? Jika pernah melakukannya, sebaiknya hentikan sekarang juga yaa Sigmainers ! Yups, buat yang tanya kenapa? Ataupun yang belum tau nih apa itu Body Shaming, berdasarkan definisi dari Oxford Living Dictionary secara sederhana body shaming merupakan bentuk dari tindakan mengejek atau menghina dengan mengomentari fisik (bentuk maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang. Waduhh ini tidak patut dicontoh yaa Sigmainerss. Nonono!!

                          
          Jadi buat yang penasaran, ternyata sekarang tidak perlu khawatir lagi loh bagi kamu yang menjadi korban Body Shaming nih, karena hal tersebut merupakan salah satu pelanggaran yang pelakunya dapat dijerat dengan undang-undang. Perbuatan body shaming atau penghinaan fisik di media sosial maupun ruang publik disebut dapat dilaporkan ke kepolisian dan dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Tranksaksi Elektronik (UU ITE) maupun delik pidana umum. Tuh Sigmainers, jangan takut untuk melaporkan hal – hal yang dapat merugikan diri sendiri selama kamu benar dan sesuai dengan undang-undang dong pastinyaa.

                         

             Oiyaa ga hanya itu Sigmainers , menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Adi Deriyan mengatakan korban body shaming boleh melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian. Dengan ketentuan laporan tersebut dapat diterima jika bentuk dari perkataan yang dianggap mengandung unsur body shaming tersebut mengandung unsur penghinaan, menjatuhkan harkat dan martabat, serta diketahui oleh orang banyak. 

                Nah tuh, diinget-inget yaa Sigmainerss. Ia juga menyebut kata-kata yang dinilai menghina atau masuk dalam kategori body shaming merupakan perkataan yang bisa menyakiti orang lain dan mengganggu serta membuat korban merasa tidak nyaman. Jika body shaming terjadi melalui media sosial, Adi menyebut itu bisa dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 3 UU ITE. Jika body shaming terjadi di muka publik dan diketahui oleh orang banyak, itu dapat dijerat dengan pidana umum. 

               Adapun bunyi undang-undang lain yang dapat menjerat pelaku Body Shaming yaitu Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 3 UU ITE berbunyi, "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik." dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 juta.[2] Ketentuan ini merupakan delik aduan. 

           Hayoloh, masih mau melakukan tindakan Body Shaming? Yups Stop dari Sekarang yaa, jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ga sampai disitu aja nih Sigmainers, ternyata tindakan Body Shaming juga dapat dipidana dengan pasal penghinaan , tapi apabila korban merasa terhina dan melakukan aduan serta pelaku memenuhi seluruh unsur pidana dan telah melalui proses peradilan pidana. Wow, jadi banyak undang-undang yang bisa menjerat pelaku nih sigmainers, apalagi jika semua yang dituduhkan sesuai dengan undang-undang yang ada. 

          Jadi lebih berhati-hati lagi ya Sigmainers, jangan asal melakukan tindakan yang dapat dikatakan sebagai Body Shaming loh! Pengaduan oleh korban penghinaan di media sosial dapat dilakukan melalui Layanan Aduan Konten Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di samping itu, secara hukum, seseorang yang merasa dihina dapat melakukan upaya pengaduan kepada aparat penegak hukum setempat. Tentunya sesuai dengan prosedure yang ada yaa. Yuk jadilah warga negara yang baik dan taat aturan, sehingga tidak ada lagi korban Body Shaming maupun pelaku yang semoga dengan adanya ini dapat disadarkan atas tindakannya yang dapat menyakiti orang lain sigmainers. Stay tune terus di web kita ya di www.sigmaradiosttpln.com 

 Written By : Ache 
 Pict By : Google