Sunday, June 24, 2018

LEBARAN ALA INDONESIA

Setelah 30 hari berpuasa di bulan suci Ramadhan, sudah saatnya seluruh umat Islam di dunia menyambut gembira akan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1493H, gak kerasa yah sigmainers kita telah melewati waktu dengan begitu cepatnya!

Gimana nih dengan ibadah kamu sigmainers? Udah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya ga? Apa masih sama-sama aja hehe gada kemajuannya gitchuuuu. Yang pastinya sebagaimana harapan kita semua, Semoga segala amal ibadah kita diterima disisi Allah SWT dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Aamiin ya Rabb...

jangan pada ngiler yahhh 
Ngomong-ngomong soal ibadah nih sigmainers. Indonesia dengan beragam kebudayaan daerahnya memiliki cara tersendiri untuk beribadah di perayaan Hari Raya Idul Fitri –nya loh sigmainers! Berbangga lah kamu menjadi salah satu bagian dari Indonesia tercinta ini! Huehehe

But...... karna to much to say nih kalo dibahas satu-satu perdaerahnya, so gue mau ngebahas secara overall aja nih sigmainers hehe soalnya gue mau buru-buru cari baju lebaran lagi mumpung malem ini kan banyak midnight salenya wkwk #pengejardiskon #cintadiskon

Oke enough, lanjut

Langsung aja yak sigmainers, ini dia “Tradisi-Tradisi Unik perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia” :

1. Mudik

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, lalu lintas Indonesia dipenuhi dengan masyarakat perantauan yang berbondong-bondong kembali ke tempat asal muasalnya sigmainers. Hal inilah yang menimbulkan kemacetan disepanjang jalan kenangan...eh jalan raya maksudnya hehe. Nah umumnya nih sigmainers, para perantau ialah yang sedang merantau di kota dan kembali ke desanya masing-masing. Makanya, wajar saja apabila daerah perkotaan justru menjadi sepi penghuni. Seperti contohnya saja kita sebagai mahasiswa/i perantauan yang kembali ke pangkuan kampung halaman tercintah. Mantap!

2. Takbir Kelliling

Selanjutnya ada tradisi takbir keliing yang hanya dilaksanakan di beberapa daerah saja sigmainers. Tradisi ini melibatkan para pemuda masjid untuk keluar dan memadati jalan dengan kendaraan ataupun berjalan kaki sambil mengumandangkan takbir. Tradisi ini juga turut memamerkan mobil pick up ataupun truknya yang telah dihiasi dengan lampu-lampu beserta ukiran berbau perayaan Hari Raya Idul Fitri. Serta adapula daerah yang menjadikan takbir keliling ini menjadi ajang perlombaan untuk meningkatkan antusias para pemuda daerahnya, salah satunya ada di Kabupaten Kuala Tungkal (Jambi).
sigmainers semngat bener yakkk
3. Petasan atau Kembang Api

Walaupun petasan sudah diarang, namun tak lengkap rasanya bulan suci Ramadhan kalo belum memainkan hal satu ini. Sehingga saat ini petasan yang berbahaya sudah dilarang dan diganti dengan kembang api yang lebih aman. Apalagi bagi anak-anak kecil, hukumnya wajib nih sigmainers buat main si kembang api ini hehe

4. Baju baru Alhamdulillah

Tradisi membeli baju baru ini merupakan tradisi unik yang ada di Indonesia. Karena pada dasarnya membeli baju baru bisa kapan saja, namun halnya di Indonesia sudah menjadi suatu hal yang terpenting dan yang paling dikejar-kejar untuk memiliki baju baru dikala lebaran ehehe ibaratnya udah kayak simbol bahwa kita lagi lebaran. Dan seperti sunnah Rasullullah, bahwa sebaiknya kita mengenakan pakaian yang terbaik yang kita punya di hari perayaa Idul Fitri. Sigmainers udah pada beli baju baru kah? But, kalo budget terbatas jangan memaksakan tradisi yang satu ini yah sigmainers.

5. Sholat Ied

Sebenarnya ini bukan tradisi sih tapi lebih tepatnya emang sunnah nya ehehe. Sholat ied ini hanya dilaksanakan setahun satu kali yaitu bertepatan langsung di Hari Raya Idul Fitri. So, besok jangan lupa bangun pagi yah sigmainers! Jangan sampe kesiangan huhu

6. Berziarah ke makam keluarga

Berziarah biasanya dilaksanakan satu hari sebelum berpuasa Ramadhan dan pada Hari Raya Idul Fitri. Ziarah atau nyekar ini menjadi salah satu moment sakral yang bertujuan untuk mendoakan arwah para leluhur.

7. Halal Bil Halal

Tradisi Halal Bil Halal ini dilaksanakan setelah menunaikan ibadah Sholat Ied, diharapkan agar para keluarga bisa berkumpul dan saling memaafkan antar satu sama lain.

8. THR

THR atau Tunjangan Hari Raya ialah hal yang paling ditunggu-tunggu. Tak hanya sebatas anak kecil yang mendapatkannya, perusahaan-perusahaan pun ikut membagikan THR sebagai bonus bagi karyawan-karyawannya.

9. Saling Berkunjung

Perayaan hari lebaran tak hanya dirayakan di rumah masing-masing saja sigmainers, melainkan dengan bepergian dan saling mengunjungi rumah saudara dan tetangga. Nah disinilah momen berkumpul keluarga besar pun akan terjalin, dan yang pasti disini juga lah momen pembagian THR akan terjadi

10. Rekreasi

Yapsss untuk menghabiskan hari lebaran, sigmainers bisa banget untuk ikut memenuhi tempat-tempat rekreasi yang ada disekitar kamu. Karena sebagian masyarakat Indonesia akan mengajak keluarga untuk quality time-nya di tempat-tempat rekreasi loh sigmainers.



Dan, sekian penjabaran mengenai tradisi-tradisi unik perayaan lebaran yang ada di Indonesia yaah sigmainers. Jangan sampai kamu melewatkan satupun dari tradisi tersebut, agar lebarannya terasa lengkap! Hehe

Btw, SIGMA RADIO STT-PLN mengucapkan Minal Aidzin Wal FaIdzin, Mohon maaf lahir dan batin yah sigmainers! <3













Writen By Debi