Thursday, May 24, 2018

Tips Rasulullah SAW dalam Menjalankan ibadah puasa


Haloo sigmainers! Sudah seminggu ya gak kerasanih puasa kita di Bulan yang penuh berkah dan nikmat ini yakni Bulan Ramadhan. Nah, HalondsajkbdabBulan Ramadhan ini adalah salah satu bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat islam di dunia loh Sigmainers. Di dalamnya, dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah karena segala pahala yang di kerjakan akan dilipat gandakan. Ajib gak tuh sigmainers? Manfaatin sebaik mungkin ya bulan Ramadhan yang berkah ini sigmainers

Coba simak baik – baik sigmainers, salah satu ibadah utama bulan Ramadhan yang harus di perhatikan adalah puasa sebulan penuh. Bila dilakukan sempurna akan mendapatkan gelar maupun predikat takwa seperti yang dijanjikan oleh Allah SWt dalam Q.S Al-Baqorah ayat 183. Jangan lupa di baca ya sigmainers dan perbanyak membaca Al – Qur’an di bulan yang penuh berkah ini biar hidup makin barokah hehehe

Untuk menggapai predikat itu nih Sigmainers, seorang muslim harus berupaya memperhatikan etika dalam menjalankannya, termasuk mengikuti segala anjuran yang diperhatikan Rasulullah SAW dalam hadist-hadistnya.

Petunjuk puasa dari Nabi SAW adalah petunjuk yang paling sempurna juga nih Sigmainers, nah diantaranya ada yang wajib dan ada pula yang sunnah. Berikut beberapa diantaranya :

1. Mengakhirkan Sahur

Berupaya sedapat mungin untuk sahur dan menundanya hingga penghujung waktunya.

Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahurlah kamu, karena sahur itu mengandung berkah”


ayo bangun sigmainers




Maknanya nih Sigmainers, “sahur adalah makanan yang penuh dengan berkah dan sekaligus menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab”.dan sebaik-baiknya makanan sahur itu adalah kurma.

2. Menyegerakan Berbuka

Etika berpuasa yang kedua adalah segara berbuka puasa (apabila telah masuk waktu berbuka), karena Rasulullah bersabda: “Orang-orang akan masih mendapat kebajikan selagi merekas segera berbuka”. Nah setelah berbuka sigmainers, hendaknya kita membaca bacaan seperti yang disebutkan dalam hadits Ibnu Umar ra bahwasannya Nabi SAW apabila telah berbuka mengucapkan: “Hilanglah dahaga, urat-uratpun menjadi basah dan pahala pun pasti- insyaallah”.
kalo ini yg bokon puasa bnget knnnn
3. Menghilangkan Rafast

Ketika kita menjalankan ibadah puasa hendaklah kita menghindari Rafast, karena rasulullah SAW bersabda: “...Apabila pada hari diantara kamu berpuasa, maka janganlah ia berbuat rafast...”.

Sigmainers, Rafast itu adalah jatuh di dalam perbuatan maksiat. Nabi SAW juga bersabda: “barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta dan tetap melakukannya, maka Allah SWt tidak aka menghiraukan orang itu meninggalkan makanan dan minumannya (berpuasa).”

4. Mengurangi Aktifitas sia-sia

Dan di antara hal yang daat mengrangi pahala kebajikan dan mendatangkan dosa-dasa adalah sibuk dengan nonton perlombaan, film-film sinetron, pertandingan, nongkrong-nongkrong yang tidak berguna, mondar-mandir di jalan bersama rekan/teman. Sebagian di antara mereka ada yang menjadikan bulan suci ramadhan sebagai musim untuk berleha-leha, dan ada sebagiannya lagi bermain dengan hal yang berbahaya seperti bermain petasan atau kembang api, ada juga yang sibuk ke mall untuk shooping.

5. Menahan Amarah dan Emosi

Hendaknya tidak teriak-teriak, karea Rasulullah SAW bersabda: “Dan jika ada seseorang yang menyerangnya atau memakinya, maka hendaklah ia (orang sedang berpuasa) mengatakan: Aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa.” Yang pertama (ungakapan: aku sedang berpuasa) sebagai terguaran bagi dirinya sendiri dan yang kedua sebagai teguran bagi lawannya. Orang yang memperhatikan kepada moralitas kebanyakan orang-orang yang berpuasa akan menemukan lawan dari akhlak mulia.

sabar...sabar
6. Tidak Makan Belebihan

Etika puasa selanjutnya nih sigmainers adalah tidak terlalu banyak makan, karena hadist mengatakan: “Tiada bejana yang dipebuhi oleh manusia yang lebih buruk daripada perutnya...”

Hanyalah orang yang berakal yang makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan dan sebagaik baik makanan adalah yang membantu dan seburuk-buruknya adalah yang menyibukkan. Betapa banyak manusia yang tenggelam didalam pembuatan berbagai macam makanan, hingga menyita banyak waktu kaum ibu di rumah dan para pembantu sampai membuat mereka lalai beribadah, bahkan uang yang dihabiskan untuk membeli bahan-bahan makanan jauh lebih besar daripada biasanya.

jangan diabisin semua hehehehe
7. Mendermakan ilmu, harta, kemuliaan, badan dan akhlak

Di dalam shahih al-bukhori-muslim diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra ia berkata: “Rasulullah SAW itu merupakan manusia yang pali ng dermawan (dangan kebaikan), dan lebih dermawan lagi apabila di bulan ramadhan ketika beliau di temui oleh jibril; jibril biasanya menemui nabi pada setiap malam dibulan ramadhan, disitulah jibril mentadaruskan Al-Quran kepada beliau. Sungguh, nabi lebih dermawan dengan kebaikan daripada angin yang bertiup kencang.” Para kaum shalaf banyak yang lebih mementingkan kaum fakir miskin dari pada diri mereka sendiri dengan memberikan persediaan buka puasa yang mereka miliki kepada mereka. Seperti Abdullah bin Ummar, Malik bin Dinar, Ahmad bin Hanbal danlain-lain. Dan Abdullah bin Ummar tidak berpuka puasa keculai bersama anak anak yatim dan orang orang miskin.



Sudah jelaskan sigmainers tips – tips puasa Ala Rasulullah yang benar. Jangan lupa diterapin ya sigmainers! Gausah galau gak ada yang ngucapin selamat berbuka. Karena kamu bisa melakukannya sendiri bukan? Hehehe. Apa lagi kamu nih yang anak – anak perantauan yang sering gak sahur karena alasan kesiangan dan gak ada yang bangunin (dasar jomblo) wkwk. Semangat puasanya sigmainers! Seluruh Crew Sigma Radio mengucapkan selamat berpuasa, dan jangan lupa manfaatkanlah bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan kita berharap semoga dapat bertemu di Ramadhan tahun depan. Hope To See You Sigmainers!

















By Written Bayu