Tuesday, May 8, 2018

KEWIRAUSAHAAN STT-PLN "Enterpreneur Training camp"

Sigmainers ngerasa gak kalau akhir-akhir ini banyak banget kegiatan di kampus kita ?entah itu seminar, pelatihan ataupun lomba-lomba ? Kalau Sigmainers gak tau, pas banget nih soalnya kali ini kita bakal bahas tentang salah satu acara internal kampus nih Sigmainers. Yaitu "Enterpreneur Training camp".

pembagian bekal kewirausahaan
Dari judulnya aja kita pasti udag tau dong kalau kegiatan ini adalah kegiatan ang berkaitan dengan kiwaraushaan. Kegiatan ini ternyata adalah kegiatan yang ada di bawah naungan Kementrian Kewirausahan BEM KBM KB. Peserta yang mengikuti pelatihan ini dibentuk dalam kelompok. Dan fyi nih Sigmainers pelatihan ini tidak dipungut biaya sepeserpun, melihat kegiatn ini dinaungi oleh BEM dan BEM sendiri mempunyai program kerja yaitu Beasiswa Rp.0,-. Untuk kegiatan ini sendiri Sigmainers, bukan yang pertama kali dilakukan. Di tahun sebelumnya juga sudah pernah diadakan, hanya saja memgalami sedikit perubahan.

"Kegiatan ini bukan yang pertama kalinya dilakukan, memang tahun kemaren sudah ada tapi hanya dalam bentuk Seminar. Kali ini dikembangkan menjadi kegiatan pelatihan" ungkap Yusmar, Ketua Pelaksana ETC ini yang ditemuai di sela-sela kegiatan. Bukan tanpa alsan kegiatan ini dikembangkan menjadibpelatihan, agar tidak hanya mendapatkan materi tetapi nantinya peserta benar-benar bisa menerapkan materi-materi tersebut ke bidang kewirausahawan tentunya. Kegiatan ini diisi oleh pemateri yang hebat-hebat loh Sigmainers, ada Iramansyah dari BukaLapak, Arief Satyanegara dari GagaTech dan Devi Rezki Putri.

Nah menariknya lagi, para peserta, nantinya akan mendapat modal untuk mengembangkan modalnya. Tapi modalnya tidak diberikan secara cuma-cuma tapi mlalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Maka dari itu pelatihan ini tidak hanya dilaksanakan dalam satu hari. Tetapi melalui rangkaian-rangkaian tertentu selama sebulan. Diawali dengan seminar, kemudian pembuatan proposal kegiatan, nah dari proposal yang mereka buat itu lah dilihat bagus tidaknya ide usaha mereka yang selanjutnya diberikan modal usah. Setelah mendapatkan modal usaha para peserta pelatihan merealisasikan usaha mereka tersebut di daerah sekitar kampus yang masih dapat dipantau oleh tim pelaksana dari kegiatan ini Sigmainers. Tidak verhanti sampai disitu, setelah peserta melakukan kegiatan kewirausahaan nantinya mereka akan mempresentasikan hasil usaha mereka. Untung ruginya mereka dan bagiamana perkembangan usah mereka dalam kurun waktu tertentu.

pemateri dan peserta menjadi satu 
Yusmar pun memberikan apresiasi yang besar terhadap peserta, yang awalnya panitia pelaksana hanya menargetkan peserta sebanyak 60 ternyata mencapai lebib dari 100 peserta. Wah banyak juga yah Sigmaners mungkin karena free-nya biaya mengikuti pelatihan ini nih. Tak lupa pun Ia menyampaikan harapan untuk peserta bahwa nantinya setelah pelatihan ini mereka dapat menerapkan ilmunya di masyarakat kedepannya. Karena sejatinya mahasiswa adalah yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai agent of change. Dan untuk kegiatan ini Yusmar berharap akan terus berlanjut agar terciptanya wirausahawan muda di STT-PLN ini.






















by written Arinil
by report astary