MONDAY ZONE

MONDAY 12.00 - 03.00 PM

CULTURE DAY

MONDAY 03.00 - 06.00 PM

YOUR DAY TODAY

MONDAY 07.00 - 09.00 PM

JAMILE

TUESDAY 12.00 - 03.00 PM

GALAG INDO

TUESDAY 03.00 - 06.00 PM

BERLEBIH

TUESDAY 07.00 - 09.00 PM

SIGFOODTER

WEDNESDAY 12.00 - 03.00

GALAG INTER

WEDNESDAY 03.00 - 06.00 PM

SPEAK UP

WEDNESDAY 07.00 - 09.00 PM

TI'N'TI

THURSDAY 12.00 - 03.00 PM

TRAVELLING

THURSDAY 03.00 - 06.00 PM

CHANNEL ISLAMI

THURSDAY 06.00 - 07.00 PM

ANGKER

THURSDAY 07.00 - 09.00 PM

WOMENS DAY

FRIDAY 12.00 - 03.00 PM

KORMA

FRIDAY 03.00 - 06.00 PM

INDIE PLANET

FRIDAY 07.00 - 09.00 PM

SPORTZONE

SATURDAY 12.00 - 03.00 PM

SIGARRET

SATURDAY 03.00 - 06.00 PM

EDM CORNER

SATURDAY 07.00 - 09.00 PM

Saturday, June 30, 2018

MUDIK 2018

Wasssssaaaaap Sigmainersssss
Yuhuuuuu ada gue lagi nih. Pada kangen gak sama gue? *wkwkwkwk
Pas banget berarti kan, abis lebaran kyak gini pasnya kita ngulik sesuatu yang identik dengan lebaran. Apa tuh? Ketupat? Opor ayam? Yaelah makanan terus lu. Kali ini gue gak bakal bahas makanan, tapi gue mau kasi info yang berkaitan banget nih sama lu lu pade yang anak rantau. Gua bakal bahas tentang Mudik. Yaelah mudik doang. Kalau itu mah gue tau, pulang kampung kan? Pulang ke kampung halaman? Bener sih. Tapi kalo cuma tau itu doang mah kurang. Yuk kita bahas fakta-fakta mudik tahun 2018.

1. Jumalah Pemudik Meningkat
Berbeda dengan tahun kemarin, tahun 2017, jumlah pemudik secara keseluruhan baik melalu jalur darat, air dan udara, mengalami peningkatan. Hal tersebut disampaikan oleh Mentri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada saat Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan angkutan Lebaran 2018 (1439 H).
"Berdasarkan hasil perkiraan jumlah pemudik musim Lebaran akan mencapai 19,50 juta orang atau mengalami kenaikan sebesar 5,17% dari jumlah pemudik tahun 2017 yang berjumlah 18,60 juta orang," tuturnya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta.
Waw bakal rame banget nih Sigmainers. Maka dari itu pula, Kementrian Pergubungan mengantisipasi banyak pemudik tersebut dengan penyediaan sarana angkutan yang handal baik untuk moda angkutan darat, kereta api, laut maupun udara.
serius banget ya heheheh
Selain penyedian sarana yang lebih baik Kemenhub juga memberikan kuaota mudik gratis bersama dengan BUMN atau mitra kerja sebanyak 245.329 orang dengan harapan hal tersebut juga dapat berdampak pada penirunan tingkat kecelakaan saat lebaran guyss. Mantep banget dah kalau salah satu dari Sigmainers bisa mudik gratis kayak gini.

2. Peluncuran Kereta Sleeper
Pada Mudik Lebaran tahun 2018 ini juga dirilis sarana transportasi baru yang di beri nama "Sleeper". Untuk pengoprasian perdananya yang dimulai pada musim mudik tahun ini tepatanya tanggal 12 Junu 2018, kereta yang beroperasi ada empat buah yang beroperasi di KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasartuti (PP).
enjoy banget ya sigmnainers 
Kelebihan dari kereta ini, kalian bisa tidur menggunakan kursi yang bisa direbahkan 170 derajat . Apa gak keren tuh Sigmainers. Untuk promo awal selama satu bulan, kereta ini dibandrol dengan harga Rp.900.000. Wah lumayan sih, tapi pastinya worth it sama fasilitasnya. Mungkin Sigmainers ada yang mau cobain ? Sebelum nanti hrganya naik loh Sigmainers.

3. Jakarta Sepi
Orang bilang Jakarta identik sama macet, bukan Jakarta namanya kalo di jalan gak rame, padet, ruwet, yah gitu-gitu lah. Jumlah penduduk jakarta seluruhnya adalah 10 juta lebih. Waww. Tapi pada saat mudik 2018, Jakarta bener-bener sepi nih Sigmainerss. Sepinya itu karena 5,8 juta penduduknya, which is lebih dari setangah penduduk Jakarta pulang kampung di musim mudik tahuni ini. Saking sepinya, jalan di Jakarta enggak itu jalan protokol atau jalan biasa, jauh dari kata macet yang sebelumnya identik sama Jakarta. Momen ini pun dijadikan sesuatu yang unik. Orang-orang yang masih di Jakarta menjadikan jalan-jalan yang sepi tersebut menjadi spot foto yang jika di hari biasa sangat mustahil untuk di lakukan. Ini nih Sigmainerss beberapa fotonya.
sampai-samppai bisa nyuci baju di jalan nihhh
4. Adanya tim ganjel
Mungkin Sigmainerss yang mudik menggunakan jalur darat dan melalui jalan Gentong di daerah Tasikmalaya, sempat bertemu dengan tim ganjel ini nih. Disebabkan karena kondisi Jalan Gentong adalah perbukitan yang memiliki kontur turunan dan tanjakan tajam sehingga keberadaan tim bantu pengganjal kendaraan sangat vital untuk membantu kendaraan yang tidak kuat saat melalui tanjakan Gentong.
keren nih orange-orange berbaris
5. 'Tempat Istirahat Copet'
Cukup unik yah Sigmainerss, pencopet aja disediain tempat istirahat. Tapi memang bener adanya nih Sigmainers, seperti di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo misalnya. Tempat istirahat tersebut berupa sebuah tenda terbuka dilengkapi beberapa kursi. Terdapat tulisan berukuran besar, ‘Tempat Istirahat Copet’.
kuy istirahat bareng wkwkw
Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto mengatakan, tahun ini keempat kalinya didirikan tempat khusus pencopet yang tertangkap. "Tempat ini cukup efektif sebagai upaya preventif maupun penindakan. Orang mau mencopet pun akan berpikir seribu kali," kata dia.


Yaps itu dulu yang bisa gue infoin buat Sigmainers semua tentang 5 fakta Mudik 2018.
Sigmainerss gimana? Udah pada balik kah dari kampung? Atau malah udah ada yang mulai kuliah? Apapun kegiatannya tetap semangat yah. Apalagi abis libur beberapa hari nih, pastinya harus tambah semangat kan yah.

Sampai Jumpa di Mudik 2019 Sigmainers, sapatau nanti bias seatap ckckkckckcck
Byeeee Byeeeee ....

















Written By Arinil

Sunday, June 24, 2018

LEBARAN ALA INDONESIA

Setelah 30 hari berpuasa di bulan suci Ramadhan, sudah saatnya seluruh umat Islam di dunia menyambut gembira akan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1493H, gak kerasa yah sigmainers kita telah melewati waktu dengan begitu cepatnya!

Gimana nih dengan ibadah kamu sigmainers? Udah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya ga? Apa masih sama-sama aja hehe gada kemajuannya gitchuuuu. Yang pastinya sebagaimana harapan kita semua, Semoga segala amal ibadah kita diterima disisi Allah SWT dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Aamiin ya Rabb...
jangan pada ngiler yahhh 
Ngomong-ngomong soal ibadah nih sigmainers. Indonesia dengan beragam kebudayaan daerahnya memiliki cara tersendiri untuk beribadah di perayaan Hari Raya Idul Fitri –nya loh sigmainers! Berbangga lah kamu menjadi salah satu bagian dari Indonesia tercinta ini! Huehehe

But...... karna to much to say nih kalo dibahas satu-satu perdaerahnya, so gue mau ngebahas secara overall aja nih sigmainers hehe soalnya gue mau buru-buru cari baju lebaran lagi mumpung malem ini kan banyak midnight salenya wkwk #pengejardiskon #cintadiskon

Oke enough, lanjut

Langsung aja yak sigmainers, ini dia “Tradisi-Tradisi Unik perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia” :

1. Mudik

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, lalu lintas Indonesia dipenuhi dengan masyarakat perantauan yang berbondong-bondong kembali ke tempat asal muasalnya sigmainers. Hal inilah yang menimbulkan kemacetan disepanjang jalan kenangan...eh jalan raya maksudnya hehe. Nah umumnya nih sigmainers, para perantau ialah yang sedang merantau di kota dan kembali ke desanya masing-masing. Makanya, wajar saja apabila daerah perkotaan justru menjadi sepi penghuni. Seperti contohnya saja kita sebagai mahasiswa/i perantauan yang kembali ke pangkuan kampung halaman tercintah. Mantap!

2. Takbir Kelliling

Selanjutnya ada tradisi takbir keliing yang hanya dilaksanakan di beberapa daerah saja sigmainers. Tradisi ini melibatkan para pemuda masjid untuk keluar dan memadati jalan dengan kendaraan ataupun berjalan kaki sambil mengumandangkan takbir. Tradisi ini juga turut memamerkan mobil pick up ataupun truknya yang telah dihiasi dengan lampu-lampu beserta ukiran berbau perayaan Hari Raya Idul Fitri. Serta adapula daerah yang menjadikan takbir keliling ini menjadi ajang perlombaan untuk meningkatkan antusias para pemuda daerahnya, salah satunya ada di Kabupaten Kuala Tungkal (Jambi).
sigmainers semngat bener yakkk
3. Petasan atau Kembang Api

Walaupun petasan sudah diarang, namun tak lengkap rasanya bulan suci Ramadhan kalo belum memainkan hal satu ini. Sehingga saat ini petasan yang berbahaya sudah dilarang dan diganti dengan kembang api yang lebih aman. Apalagi bagi anak-anak kecil, hukumnya wajib nih sigmainers buat main si kembang api ini hehe

4. Baju baru Alhamdulillah

Tradisi membeli baju baru ini merupakan tradisi unik yang ada di Indonesia. Karena pada dasarnya membeli baju baru bisa kapan saja, namun halnya di Indonesia sudah menjadi suatu hal yang terpenting dan yang paling dikejar-kejar untuk memiliki baju baru dikala lebaran ehehe ibaratnya udah kayak simbol bahwa kita lagi lebaran. Dan seperti sunnah Rasullullah, bahwa sebaiknya kita mengenakan pakaian yang terbaik yang kita punya di hari perayaa Idul Fitri. Sigmainers udah pada beli baju baru kah? But, kalo budget terbatas jangan memaksakan tradisi yang satu ini yah sigmainers.

5. Sholat Ied

Sebenarnya ini bukan tradisi sih tapi lebih tepatnya emang sunnah nya ehehe. Sholat ied ini hanya dilaksanakan setahun satu kali yaitu bertepatan langsung di Hari Raya Idul Fitri. So, besok jangan lupa bangun pagi yah sigmainers! Jangan sampe kesiangan huhu

6. Berziarah ke makam keluarga

Berziarah biasanya dilaksanakan satu hari sebelum berpuasa Ramadhan dan pada Hari Raya Idul Fitri. Ziarah atau nyekar ini menjadi salah satu moment sakral yang bertujuan untuk mendoakan arwah para leluhur.

7. Halal Bil Halal

Tradisi Halal Bil Halal ini dilaksanakan setelah menunaikan ibadah Sholat Ied, diharapkan agar para keluarga bisa berkumpul dan saling memaafkan antar satu sama lain.

8. THR

THR atau Tunjangan Hari Raya ialah hal yang paling ditunggu-tunggu. Tak hanya sebatas anak kecil yang mendapatkannya, perusahaan-perusahaan pun ikut membagikan THR sebagai bonus bagi karyawan-karyawannya.

9. Saling Berkunjung

Perayaan hari lebaran tak hanya dirayakan di rumah masing-masing saja sigmainers, melainkan dengan bepergian dan saling mengunjungi rumah saudara dan tetangga. Nah disinilah momen berkumpul keluarga besar pun akan terjalin, dan yang pasti disini juga lah momen pembagian THR akan terjadi

10. Rekreasi

Yapsss untuk menghabiskan hari lebaran, sigmainers bisa banget untuk ikut memenuhi tempat-tempat rekreasi yang ada disekitar kamu. Karena sebagian masyarakat Indonesia akan mengajak keluarga untuk quality time-nya di tempat-tempat rekreasi loh sigmainers.



Dan, sekian penjabaran mengenai tradisi-tradisi unik perayaan lebaran yang ada di Indonesia yaah sigmainers. Jangan sampai kamu melewatkan satupun dari tradisi tersebut, agar lebarannya terasa lengkap! Hehe

Btw, SIGMA RADIO STT-PLN mengucapkan Minal Aidzin Wal FaIdzin, Mohon maaf lahir dan batin yah sigmainers! <3













Writen By Debi

Tuesday, May 29, 2018

ISKANDAR MUDA CUP 2018 milik HIMANAD

“ Futsal sehat, turnamen seru ala Himpunan Mahasiswa Nanggroe Aceh Darussalam” 

Nah selain adanya festival keragaman budaya di Kampus STT PLN dari Himpunan Daerah yang ada. Dari Himpunan Daerah paling barat di Indonesia juga melaksanakan kegiatan nih sigmainers, diberi nama “Sultan Iskandar Muda Cup 2018” yah sesuai dengan nama tokoh pahlawannya, Himpunan Daerah dari Nanggroe Aceh Darussalam pun membuat acara Futsal yang pesertanya antar himda – himda yang ada di STT PLN

Acara ini dilaksanakan di lapangan Futsal Karisma Cengkareng, Jakarta Barat pada tanggal 25 April – 6 Mei 2018. Nah ini nih sigmainers, Iskandar Muda Cup 2018 juga memberikan hadiah kepada para pemenang turnamen berupa sertifikat, Uang Tunai dan juga Trophy. Wah hadiahnya saja membuat para pemain dari himda – himda yang lainnya ramai yang daftar dan turut berpartisipasi
hayo siapa yang mau piala nih?...
Jadi sigmainers? Apakah Himda kamu termasuk salah satu yang ikut berpartisipasi? Atau bahkan menjadi juara di Iskandar Muda Cup 2018? Nah ini dia daftar pemenang di Iskandar Muda Cup 2018 Juara ketiga ditempati dan diraih oleh himda yang dilalui garis katulistiwa. Yap! Apalagi kalua bukan Himda Khatulistiwa asal Pulau Kalimantan yang mendapat total uang tunai 800.000 rupiah. Dan diposisi kedua ada himda tanah melayu yakni Serikat Mahasiswa Riau dengan total hadiah 1.000.000 rupiah dan di posisi Jawara ada Ilagaligo dari Himda asal pulau Sulawesi yakni H.M Sutan Batara yang mendapat 1.200.000 rupiah lengkap dengan sertifikat dan trophynya

Nah, gimana sigmainers? Sayang banget kan kalau gak ikut dan gabung di lomba Futsal dari Himanad tahun ini? Semoga ada lagiya sigmainers lomba – lomba futsal berikutnya dari para himpunan daerah yang ada di Kampus STT PLN. Aamiin hehehe. Kan lumayan tuh kalau juara uang hadiahnya bisa buat nambah – nambah uang jajan hehehe. Apalagi nominalnya lumayan tuh sigmainers!
kalo ini mau upacara penutupan nih sigmainers
Nah yuk kenalan yuk sama ketua pelaksana Iskandar Muda Cup 2018 yakni saudara Warisul Ambia. Warisul mengungkapkan kenapa Iskandar Muda Cup menjadi nama turnamen futsal tahun ini ya karena panitia sendiri ingin mengangkat nama pahlawan mereka sendiri agar mudah diingat dan dikenal di lingkungan Kampus STT PLN. Acara ini juga untuk mempererat silahturahmi antar himda yang ada di internal kampus STT PLN. Ajib banget kan sigmainers? Nyesel deh kalua gak ikut…

Asah terus kemampuanmu ya sigmainers! Biar kamu dan tim kamu jadi jawara selanjutnya! Terimakasih himanad STT PLN yang sudah menyelenggarakan Iskandar Muda Cup tahun ini. Semoga himanad STT PLN lebih baik kedepannya, sukses dan jaya terus di Kampus perantauan ini. Yeayy! Dan terus junjung tinggi sportifitas ya! Sampai jumpa di turnamen – turnamen futsal berikutnya sigmainers! Dan di event – event himanad lain kesempatan!

Salam Olahraga!

HIMANAD! Lantak Laju! 











Written By Astary
Report By Enchin

DIRGANTARA9 HM Sutan Batara


mereka bernyanyi sangat merdu walau terdiam ya. hehehehhe
Wasssssaaaaap Sigmainersssss
Udah gak terasa aja nih kita menjalankan ibadah puasa kurang lebih dua minggu. Tapi yah sigmainers harus tetap semangat , walaupun di bulan ramadhan ini kita masih ada jam kuliah di kampus tercintaaaaaaah.

Nah kali ini gue bakal ngajakin lu semua flashback bentar, tapi eiitttsss bukan flashback ke kenangan kalian sama si dia yah. Ahahahah. Tapiiiii gue mau ngajakin kalian semua flashback dengan acara megah, seru, keren yang telah dilaksanakan di Auditorium lt.12 STT-PLN Jakarta tepatnya pada tanggal 9 Mei 2018. Sigmainers udah pada tau gak nih? Apaaaaaa? Tuh disana yang teriak, ngomong apa? Yap, bener banget Sigmainers. Acaranya yaitu Dirgantara 9 oleh Himpunan Mahasiswa Sutan Batara.

Sesuai dengan tema yang diangkat kali ini yaitu Gemerlap Budaya Sulawesi, HM Sutan Batara memang benar-benar menyajikan keindahan budaya sulawesi di hari itu Sigmainers. Tak lupa pula HM Sutan Batara juga memberikan judul untuk acara ulang tahunnya, atau Dirgantara 9 ini, dengan kata yang cukup unik yaitu GAMMARA. Lah? Uniknya dari mana? Sigmainers perlu tau nih kata GAMMARA itu berarti "keren" dalam bahasa Sulawesi. Dan gak cukup sampai disitu HM Sutan Batara juga memilih GAMMARA sebagi judul acaranya dari singkatan Galeri Kebergaman Nuansa Sulawesi. Naaahhh unik kan sigmainers soalnya bisa mempunyai arti dari bahsa Sulawesi, kepanjangannya juga bagus.
ininih tarian yg ditunggu-tunggu sigmainers yakan...
Ehmmm kalo bahas tentang judulnya , rasanya gak cukup. Maka dari itu gue bakal bahas ulang keseruan acara Dirgantara 9. Di acara ini disuguhkan banyak penampilan tarian daerah Sulawesi nih Sigmainers. Dan sesuai dengan namanya Sutan Batara, berarti semua provinsi di sulawesi di tampilkan loh tarian daerahnya masing-masing. Mulai dari Sulaweai Barat, Utara, Tengah, Tenggara dan Gorontalo. Ada Padduppa dari Sulawesi Selatan, Tari Kamberou dari Pulau Buton-Sulteng, Tari Kabasaran dari Sulut, Tari Pattennung dari dan ada juga Tari Empat Etnis yang merupakan tarian yang menggabungkan empat etnis yang ada di Sulaawesi. Selain dari menampilkan tarian-tarian dari setiap provinsi, di Dirgantara 9 juga memberikan persembahan musik dan teatrikal. Untuk musiknya, ana ogi' (anak sulawesi) pastinya membawakan lagu-lagu daerah dari Sulawesi juga dong dan dikemas secara apik tentunya. Salah satunya sebuah lagu yang berjudul Tanah ogi Wanuwa ku, yang menceritakan tentang tau ogi' (orang bugis) yang sedang merantau. Dan yang paling bikin baper nih Sigmainers, penempilan teatrikalnya. Gimana enggak, jalan carita nya tuhh beuuh kayak Romeo and Juliet versi Sulawesi. Judulnya Datu Museng dan Maipa Deapati. Kalo tau cerita Romeo and Juliet, itu mirip-mirip lah. Jadi pasti kalian uadah kebayang kan, soalnya kalu diceritain bakal panjaaaang banget.

kalo ini foto bersama seluruh HM. sutan batara, keren yak..
HM Sutan Batara juga tidak hanya memeriahkan Dirgantara 9 dengan penampilan-penampilan kerennya nih. Tapi dia acara ini juga ada hal yang tak kalah menarik, yaitu untuk 100 orang pertama yang melakukan regiatrasi akan mendapatkan Coto Makassar gratis. Waaaahhh enak yah Sigmainerss, tapi acaranya udah lewat. Tenang aja, acara ini ditutup dengan penampilan kolosal dari seluruh pengisi acara dan tak lupa pula MC keceee dari Dirgantara 9 mengucapkan sampai jumpa di Dirgantara 10. Its mean, bakal ada Dorgantara 10 lagi nihhh Sigmainerssss.
Jadi yang belum sempat nonton atau yang gak dapet Coto Makassar gratis, masih ada kesempatan nih tahun depan heheheheh.
Itu dulu yah Sigmainers untuk kali ini, nantiin terus yah artikel-artikel seru kita.
Akhir kata Have a Nice Day dan semangat ya Puasanya Sigmainers......Aminnn
Byeeee......















Written By Arinil 
Report By Enchin


Thursday, May 24, 2018

SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA

“Implementasi BOT AI dan Machine Learning untuk menangani hacking dan cracking” 

Sebuah tema apik nan menarik yang diangkat oleh Seminar Nasional Informatika tahun 2018. Bertempat di Gedung Administrasi Walikota Jakarta Barat tanggal 9 Mei 2018 ini menundang para pembicara – pembicara hebat tanah air sesuai dengan bidangnya masing – masing yaitu Bapak Irving Hutagalung dari Microsoft Indonesia, Bapak AKBP M.Nuh Al Azhar dari bagian Forensik Kepolisian Republik Indonesia, Bapak Khun Budharta dari senior developer beritagar.id dan yang terakhir bapak Zaid Zam Zami, M.Sc dari Security Analist

Nah, yang menariknya nih sigmainers, tak lengkap apabila seminar nasional kali ini tak mengundang guest star tanah air salah satunya ada dari musisi sekaligus youtubers, yakni Vhiendy Savella dan Irin Dacil yakni top 20 Indonesian Idol. Wah! acara puncaknya sangat meriah loh sigmainers, dan para peserta juga larut dalam suasana syahdu dan galau dari lagu – lagu yang dibawakan para guest star dengan apiknya.

Menurut Gilang Budi selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional tahun ini sangat didukung penuh oleh pihak dari walikota Administrasi Jakarta Barat karena ini adalah kegiatan yang termasuk dalam pendidikan, ujar Gilang demikian. Dan seminar nasional ini sudah dipersiapkan sejak akhir 2017 kurang lebih bulan November dengan total panitia 70 yang terdiri dari angkatan 2015 dan 2016 yang diambil dari hasil open recruitment

Seminar nasional ini juga turut mengundang dari kampus – kampus lain yang ada disekitar Jabodetabek jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi dan dari Permikomnas nya sendiri nih sigmainers yang menaunginya, dan juga turut mengundang seluruh dosen dan civitas akademika Jurusan S1 Teknik Informatika untuk turut hadir dan berpartisipasi saat seminar nasional

Bicara – bicara soal tema nih sigmainers tahun ini mengapa mengambil tema BOT AI sendiri karena di dunia bahkan di negara kita sendiri sedang gencar – gencarnya pemanfaatan dari BOT AI itu sendiri, nah maka dari itu mengundang banyak pembicara, agar para peserta mampu menyikapi nya dan tahu dari segala sisinya, baik dari keamanannya dll, ujar gilang semangat

“Harapan saya untuk seminar nasional kedepannya, semoga seminar nasional Informatika lebih baik lagi pastinya dan juga mampu menarik lebih banyak perhatian mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mengikuti seminar nasional ini, bukan hanya didaerah Jabodetabek saja kalua bisa merata keseluruh Indonesia” ujar Gilang dengan penuh harapan. Gilang juga menyampaikan pesan dan kesannya terhadap seminar nasional ini salah satunya untuk panitia bisa saling mengenal lebih dekat dan akrab lagi terutama antar angkatan dan proses sebelum semnas ini sangat luar biasa, ucap gilang sambal menghela nafas lega dan tersenyum

Nah, mau tahu nih sigmainers keseruan dari Seminar Nasional nya ini? Ini dia sigmainers saat Guest Star Irin Idol menyanyikan lagu dari Ada Band yang berjudul Haruskah Ku Mati. Baper semua nih sigmainers se auditorium keinget mantannya hehehe…

keseruan semnas nih

Nih dia nih sigmainers saat materi dari bapak Zaid Zam Zami, sangat seru, menambah wawasan dan Interaktif ya Sigmainer! Dimoderatori oleh Kak Yeni Ernawati dari angkatan 2014 Informatika dan satu lagi abangda Muhammad Iriansyah dari angkatan 2014

kalo ini nih bagian yg WAW sigmainers.. 
so simainers, nyesel kan buat kamu yang gak ikut Seminar Nasional tahun ini. Eitsss, tenang aja. Kita doain ya semoga Seminar Nasional tahun depan ada lagi dan lebih keren pastinya. Sampai Ketemu Dis Seminar Nasional Tahun Depan Sigmainers!




























written by Astary
report by Astary


Tips Rasulullah SAW dalam Menjalankan ibadah puasa


Haloo sigmainers! Sudah seminggu ya gak kerasanih puasa kita di Bulan yang penuh berkah dan nikmat ini yakni Bulan Ramadhan. Nah, HalondsajkbdabBulan Ramadhan ini adalah salah satu bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat islam di dunia loh Sigmainers. Di dalamnya, dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah karena segala pahala yang di kerjakan akan dilipat gandakan. Ajib gak tuh sigmainers? Manfaatin sebaik mungkin ya bulan Ramadhan yang berkah ini sigmainers

Coba simak baik – baik sigmainers, salah satu ibadah utama bulan Ramadhan yang harus di perhatikan adalah puasa sebulan penuh. Bila dilakukan sempurna akan mendapatkan gelar maupun predikat takwa seperti yang dijanjikan oleh Allah SWt dalam Q.S Al-Baqorah ayat 183. Jangan lupa di baca ya sigmainers dan perbanyak membaca Al – Qur’an di bulan yang penuh berkah ini biar hidup makin barokah hehehe

Untuk menggapai predikat itu nih Sigmainers, seorang muslim harus berupaya memperhatikan etika dalam menjalankannya, termasuk mengikuti segala anjuran yang diperhatikan Rasulullah SAW dalam hadist-hadistnya.

Petunjuk puasa dari Nabi SAW adalah petunjuk yang paling sempurna juga nih Sigmainers, nah diantaranya ada yang wajib dan ada pula yang sunnah. Berikut beberapa diantaranya :

1. Mengakhirkan Sahur

Berupaya sedapat mungin untuk sahur dan menundanya hingga penghujung waktunya.

Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahurlah kamu, karena sahur itu mengandung berkah”


ayo bangun sigmainers




Maknanya nih Sigmainers, “sahur adalah makanan yang penuh dengan berkah dan sekaligus menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab”.dan sebaik-baiknya makanan sahur itu adalah kurma.

2. Menyegerakan Berbuka

Etika berpuasa yang kedua adalah segara berbuka puasa (apabila telah masuk waktu berbuka), karena Rasulullah bersabda: “Orang-orang akan masih mendapat kebajikan selagi merekas segera berbuka”. Nah setelah berbuka sigmainers, hendaknya kita membaca bacaan seperti yang disebutkan dalam hadits Ibnu Umar ra bahwasannya Nabi SAW apabila telah berbuka mengucapkan: “Hilanglah dahaga, urat-uratpun menjadi basah dan pahala pun pasti- insyaallah”.
kalo ini yg bokon puasa bnget knnnn
3. Menghilangkan Rafast

Ketika kita menjalankan ibadah puasa hendaklah kita menghindari Rafast, karena rasulullah SAW bersabda: “...Apabila pada hari diantara kamu berpuasa, maka janganlah ia berbuat rafast...”.

Sigmainers, Rafast itu adalah jatuh di dalam perbuatan maksiat. Nabi SAW juga bersabda: “barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta dan tetap melakukannya, maka Allah SWt tidak aka menghiraukan orang itu meninggalkan makanan dan minumannya (berpuasa).”

4. Mengurangi Aktifitas sia-sia

Dan di antara hal yang daat mengrangi pahala kebajikan dan mendatangkan dosa-dasa adalah sibuk dengan nonton perlombaan, film-film sinetron, pertandingan, nongkrong-nongkrong yang tidak berguna, mondar-mandir di jalan bersama rekan/teman. Sebagian di antara mereka ada yang menjadikan bulan suci ramadhan sebagai musim untuk berleha-leha, dan ada sebagiannya lagi bermain dengan hal yang berbahaya seperti bermain petasan atau kembang api, ada juga yang sibuk ke mall untuk shooping.

5. Menahan Amarah dan Emosi

Hendaknya tidak teriak-teriak, karea Rasulullah SAW bersabda: “Dan jika ada seseorang yang menyerangnya atau memakinya, maka hendaklah ia (orang sedang berpuasa) mengatakan: Aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa.” Yang pertama (ungakapan: aku sedang berpuasa) sebagai terguaran bagi dirinya sendiri dan yang kedua sebagai teguran bagi lawannya. Orang yang memperhatikan kepada moralitas kebanyakan orang-orang yang berpuasa akan menemukan lawan dari akhlak mulia.

sabar...sabar
6. Tidak Makan Belebihan

Etika puasa selanjutnya nih sigmainers adalah tidak terlalu banyak makan, karena hadist mengatakan: “Tiada bejana yang dipebuhi oleh manusia yang lebih buruk daripada perutnya...”

Hanyalah orang yang berakal yang makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan dan sebagaik baik makanan adalah yang membantu dan seburuk-buruknya adalah yang menyibukkan. Betapa banyak manusia yang tenggelam didalam pembuatan berbagai macam makanan, hingga menyita banyak waktu kaum ibu di rumah dan para pembantu sampai membuat mereka lalai beribadah, bahkan uang yang dihabiskan untuk membeli bahan-bahan makanan jauh lebih besar daripada biasanya.

jangan diabisin semua hehehehe
7. Mendermakan ilmu, harta, kemuliaan, badan dan akhlak

Di dalam shahih al-bukhori-muslim diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra ia berkata: “Rasulullah SAW itu merupakan manusia yang pali ng dermawan (dangan kebaikan), dan lebih dermawan lagi apabila di bulan ramadhan ketika beliau di temui oleh jibril; jibril biasanya menemui nabi pada setiap malam dibulan ramadhan, disitulah jibril mentadaruskan Al-Quran kepada beliau. Sungguh, nabi lebih dermawan dengan kebaikan daripada angin yang bertiup kencang.” Para kaum shalaf banyak yang lebih mementingkan kaum fakir miskin dari pada diri mereka sendiri dengan memberikan persediaan buka puasa yang mereka miliki kepada mereka. Seperti Abdullah bin Ummar, Malik bin Dinar, Ahmad bin Hanbal danlain-lain. Dan Abdullah bin Ummar tidak berpuka puasa keculai bersama anak anak yatim dan orang orang miskin.



Sudah jelaskan sigmainers tips – tips puasa Ala Rasulullah yang benar. Jangan lupa diterapin ya sigmainers! Gausah galau gak ada yang ngucapin selamat berbuka. Karena kamu bisa melakukannya sendiri bukan? Hehehe. Apa lagi kamu nih yang anak – anak perantauan yang sering gak sahur karena alasan kesiangan dan gak ada yang bangunin (dasar jomblo) wkwk. Semangat puasanya sigmainers! Seluruh Crew Sigma Radio mengucapkan selamat berpuasa, dan jangan lupa manfaatkanlah bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan kita berharap semoga dapat bertemu di Ramadhan tahun depan. Hope To See You Sigmainers!

















By Written Bayu

Thursday, May 17, 2018

DIESNATALIS HAMAS 2018

Sigmainers, akhir – akhir ini STT-PLN sering banget kedatangan artis – artis terkenal ya, seperti yang kemarin sempat heboh diperbincangkan oleh semua mahasiswa dikampus yaitu pengisi acara HUT HAMAS. Kalau kamu nonton kemeriahan Ulang tahun Mahasiswa teknik sipil, pasti kamu tau deh siapa yang menjadi bintang tamu pengisi kemeriahan acara tersebut. Yap! Betul sekali, kemarin himpunan mahasiswa teknik sipil ( HAMAS ) mengundang penyanyi single Adera dan band monkey boots sebagai bintangnya. Pelantun tembang “ Lebih Dari Indah “ ini, berhasil membius ratusan penonton yang sudah menantikan perform nya sejak berminggu – minggu lalu,dia sempat membawakan single andalannya dan lagu – lagu yang lagi hits banget di 2018 ini. Tak sampai disitu, para fans monkey boots juga tidak kalah ramai saat idolanya mulai tampil dan memberikan tampilan yang apik .Pokoknya, antusias para mahasiswa sangat luar biasa , apalagi acara ini bisa dinikmati oleh semua mahasiwa , karena tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

itutuh yang petcahhh banget loo
Civil EXPO ini , merupakan puncak dari acara kemeriahan dari diesnatalis HAMAS yang ke 19 , dimana sebelumnya telah terselenggara acara – acara seperti seminar nasional ( konstruksi tambang bawah tanah ) , PII ( management konstruksi ), HAMAS CUP , design autocad , cariti dan music fest. Acara ini diketuai oleh Saiful Nova, mahasiswa angkatan 16 teknik sipil. Dia mengatakan, bahwa civil expo ini memiliki tema yang tidak biasa dari acara – acara sebelumnya, yaitu “Classical Carpedium” yang berarti “ Nikmatilah hari ini dengan yang klasik”. Wah unik juga ya sigmainers. Lebih spesialnya, yang membedakan diesnat HAMAS dari tahun – tahun sebelumnya adalah , diesnat kali ini berubah bukan dengan nama “ Diesnatalis HAMAS”, tetapi berubah menjadi CIVIL EXPO, dan tentu saja, bintang tamu yang mengisi acara kali ini lebih menarik dan keren dari tahun – tahun sebelumnya. 

kalo ini nih seminarnya sigmainers
Disamping itu , para pemenang lomba dari berbagai rangkaian acara dalam CIVIL EXPO ini , mendapat uang tunai dan hadiah lain yang menarik tentunya.salah satu pemenang dari rangkaian acara seperti design autocad antara lain PNJ ( Politeknik Negeri Jakarta ), UNJ ( Universitas Negeri Jakarta ) dan HAMAS ( STT-PLN ) , sedangkan HAMAS CUP dimenangkan oleh , team D3 elekto , team Veteran dan team Raden matah . “ Harapannya semoga lebih meriah lagi buat kedepannya , dan lebih maju untuk HAMAS serta semangat buat semuanya saja “. Harapan ketua pelaksana. Wah keren banget ya sigmainers. Gimana nih menurut kamu mengenai ulang kemeriahan ulang tahun ini ?. keren ya pastinya. Kita do’a kan saja ya, semoga HAMAS menjadi lebih baik dalam organisasinya, kekompakannya dan pengkaderisasiannya. HAMAS…… JAYA!!!.




















Written By Dinar
Report By Debi

Ng-BOMIN Sosial Media

Wasssssaaaaap Sigmainerss 

Di artiikel kali ini kita bakalan bahas tentang peristiwa akhir-akhir yang mengguncang keamanan dan ketertiban negara. Waadaaauuu apaan tuh yah. Gini nih Sigmainerss, mulai dari awal yak. Runtutan peristiwa ini berawal dari penyerangan anggota polisi oleh tahanan di Mako Brimob Kelapa Dua. Dimana para napi teroris melakukan penyerangan secara besar-besaran kepada polisi penjaga di rutan tersebut yang terjadi karena alasan sepele.

Setelah itu terjadi lagi Peristiwa yang tidak kalah menghebohkan yang terjadi di Surabaya. Dimana disana terjadi pengeboman tempat ibadah yang tersangkanya juga disinyalir dari kalangan teroris. Di Surabaya terjadi pengeboman di tiga gereja yang berbeda dan parahnya lagi pelaku dari pengeboman tersebut adalah satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Wah wah wah Sigmainers gila bet dah biasanya tuh sekeluarga tamasya yak, jalan-jalan gitu, ini mah sekaluarga diajakin nge-bom. Dan yang terakhir peristiwa penyerangan juga nib sigmainers yang terjadi di Mapolda Riau.


ini kejadian di Surabaya sigmainers

Kalo ini nih kejadina di Riau

Dengan banyaknya peristiwa tersebut muncul juga banyak trending-trending di media sosial seperti #Kamitidaktakut #TerorisbukanIslam #Islambukanteroris. Tagar-tagar tersebut telah menjadi viral di media sosial beberapa hari terakhir. Bukan tanpa alasan, tagar-tagar tersebut terus disebar dan diviralkan untuk memberitahukan kepada pelaku dan jaringan-jaringannya yang masih berada diluar sana bahwa kita tidak takut dengan tindak teror dan siap melawan segala bentuk teror apapun. Dan untuk tagar #TerorisbukanIslam dan #Islambukanteroris juga santer dilihat dalam media sosial untuk memberikan pemberitahukan bahwa peristiwa teroris yang terjadi akhir-akhir ini, tidak dilatarbelakangi oleh agama apapun apalagi agama Islam. Melainkan tindak teror yang terjadi dilatarbelakangi oleh ideologi kelompok-kelompok tertentu. Jadi jangan sampai yah Sigmainers gara-gara kejadian ini kita jadi saling terpecah belah.

Sigmainers juga boleh ikutan untuk mungkin memposting sesuatu dengan menggunakan tagar seperti itu tadi sebagai salah satu aksi kecil yang bisa kita lakukan untuk memerangi segala bentuk tindak teroris.

Selain dari kejadian-kejadian teror ini nih Sigmainers, tak terasa kita juga telah memasuki bulan suci Ramadhan nih. Bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh kegembiraan dan bulan yang ditunggu-tunggu pastinya nih Sigmainers. Maka dari itu perbanyaklah amal ibadah kalian selama bulan Ramadhaan ini.

Hasil gambar untuk selamat bulan ramadhan
selamat bulan Ramadhan Sigmainers...

Untuk korban dalam peristiwa yang mulai dari penyerangan di Mako Brimob, pengeboman gereja di Surabaya dan penyerangan di Mapolda Riau, mudah-mudahan mendapatkan tempat yang terbaik yah Sigmainers.

Dan Selamat Berpuasa bagi yang menjalankan, semoga Ramadhan tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin. Yuk buka dan sahur bareng sigmainersssss hehehehhe.





Byeeee.....










By Written Arinil 

Wednesday, May 9, 2018

DIESNATALIS STTPLJN 20th

Hallo Sigmainersssssssssssss. 

Ada yang tau ngk tanggal 1 April ada apa? Yak bener banget nih sigmainers, tepat pada tanggal 1 April kampus STT-PLN genap berumur 20thn, dengan adanya kabar waw ini mahasiswa STT-PLN tidak diem-diem baek dengan kopinya ni sigmainers hehehehe, para aktivis kampus STT-PLN membuat acara DIESNATALIS 20thn dengan tema “EKSOTIK” yang bermaksud pada momen ulangtahun STT-PLN ke 20th dianalogikan pada usia manusia yang sudah matang dan dapat dibilang dewasa dikarenakan dapat mandiri dan dapat menentukan sikap lebih baik lagi kedepannya itu kata INSAN TAUFIQ selaku ketua pelaksana EKSOTIK.

nih sigmainers acara Seminar Nasional
Oiyah sigmainers EKSOTIK ni banyak banget acaranya loh ada SEMINAR NASIONAL, WORKSHOP dan DUTA MAHASISWA acara ini dimulai pada tanggal 23 April dengan SEMNAS LISTRIK KERAKYATAN di tanggal 24 April juga ada WORKSHOP ini bertujuan untuk menghandirkan kegiatan yang berbeda yaitu kegiatan yang beredukasi bagi mahasiswa STT-PLN yang sepatutmya bangga terhadap karya agung dari STT-PLN sendiri yaitu “LISTRIK KERAKYATAN” dalam SEMNAS sendiri sigmainers gabakal gabut kok karena ada rigen yang bakal bikin sigmainers ketawa-ketawa sendiri, ya! RIGEN adalah guest pada acara SEMINAR NASIONAL. 

kalo ini nih Workshopnya sigmainers

Dan acara puncak EKSOTIK di tanggal 25 April ni sigmainers ada pemilihan DUTA MAHASISWA STT-PLN yang ditujukan kepada mahasiswa STT-PLN sendiri tentunya sigmainers, dan selamat kepada Abang Fachmi Muhammad Zacky dan Neng Afrilia Justin yang terpilih sebagai DUTA MAHASISWA STT-PLN, Selain ada DUTA juga ada guest pada malm harinya lo sigmainers yang bakal memeriahkan acara EKSOTIK yaitu ada Garis Imajiner sebagai perwakilan kampus STT-PLN dan ada BIGWAVE juga SYDERA nih sigmainers, ngk kebayang kan meriahnya…. 


hayo dipilih mau yang mana ni sigmaniners :)
Yeayyyyyy, semoga DIESNATALIS 20th memberi kebanggaan tersendiri untuk kampus STT-PLN aminnnnJ. Dan semoga kedepannya STT-PLN semakin baik baik dan lebih baik lagi, see you in DIESNATALIS 21th sigmainers….
































by Written Enchin
by Repport Enchin

Tuesday, May 8, 2018

KEWIRAUSAHAAN STT-PLN "Enterpreneur Training camp"

Sigmainers ngerasa gak kalau akhir-akhir ini banyak banget kegiatan di kampus kita ?entah itu seminar, pelatihan ataupun lomba-lomba ? Kalau Sigmainers gak tau, pas banget nih soalnya kali ini kita bakal bahas tentang salah satu acara internal kampus nih Sigmainers. Yaitu "Enterpreneur Training camp".

pembagian bekal kewirausahaan
Dari judulnya aja kita pasti udag tau dong kalau kegiatan ini adalah kegiatan ang berkaitan dengan kiwaraushaan. Kegiatan ini ternyata adalah kegiatan yang ada di bawah naungan Kementrian Kewirausahan BEM KBM KB. Peserta yang mengikuti pelatihan ini dibentuk dalam kelompok. Dan fyi nih Sigmainers pelatihan ini tidak dipungut biaya sepeserpun, melihat kegiatn ini dinaungi oleh BEM dan BEM sendiri mempunyai program kerja yaitu Beasiswa Rp.0,-. Untuk kegiatan ini sendiri Sigmainers, bukan yang pertama kali dilakukan. Di tahun sebelumnya juga sudah pernah diadakan, hanya saja memgalami sedikit perubahan.

"Kegiatan ini bukan yang pertama kalinya dilakukan, memang tahun kemaren sudah ada tapi hanya dalam bentuk Seminar. Kali ini dikembangkan menjadi kegiatan pelatihan" ungkap Yusmar, Ketua Pelaksana ETC ini yang ditemuai di sela-sela kegiatan. Bukan tanpa alsan kegiatan ini dikembangkan menjadibpelatihan, agar tidak hanya mendapatkan materi tetapi nantinya peserta benar-benar bisa menerapkan materi-materi tersebut ke bidang kewirausahawan tentunya. Kegiatan ini diisi oleh pemateri yang hebat-hebat loh Sigmainers, ada Iramansyah dari BukaLapak, Arief Satyanegara dari GagaTech dan Devi Rezki Putri.

Nah menariknya lagi, para peserta, nantinya akan mendapat modal untuk mengembangkan modalnya. Tapi modalnya tidak diberikan secara cuma-cuma tapi mlalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Maka dari itu pelatihan ini tidak hanya dilaksanakan dalam satu hari. Tetapi melalui rangkaian-rangkaian tertentu selama sebulan. Diawali dengan seminar, kemudian pembuatan proposal kegiatan, nah dari proposal yang mereka buat itu lah dilihat bagus tidaknya ide usaha mereka yang selanjutnya diberikan modal usah. Setelah mendapatkan modal usaha para peserta pelatihan merealisasikan usaha mereka tersebut di daerah sekitar kampus yang masih dapat dipantau oleh tim pelaksana dari kegiatan ini Sigmainers. Tidak verhanti sampai disitu, setelah peserta melakukan kegiatan kewirausahaan nantinya mereka akan mempresentasikan hasil usaha mereka. Untung ruginya mereka dan bagiamana perkembangan usah mereka dalam kurun waktu tertentu.

pemateri dan peserta menjadi satu 
Yusmar pun memberikan apresiasi yang besar terhadap peserta, yang awalnya panitia pelaksana hanya menargetkan peserta sebanyak 60 ternyata mencapai lebib dari 100 peserta. Wah banyak juga yah Sigmaners mungkin karena free-nya biaya mengikuti pelatihan ini nih. Tak lupa pun Ia menyampaikan harapan untuk peserta bahwa nantinya setelah pelatihan ini mereka dapat menerapkan ilmunya di masyarakat kedepannya. Karena sejatinya mahasiswa adalah yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai agent of change. Dan untuk kegiatan ini Yusmar berharap akan terus berlanjut agar terciptanya wirausahawan muda di STT-PLN ini.






















by written Arinil
by report astary

Friday, May 4, 2018

BEST FUNTASTIC 19TH INFORMATIKA!!!


suasana panggung FUNTASTIS 19
 Apa yang kamu rasakan sigmainers, kalo kamu ketemu sama band idola kamu?. Mungkin kamu bakal segera merapat ke lokasi buat nonton bareng keseruannya ya. Seperti yang terjadi pada hari jum’at 27 april 2018 kemarin . Himpunan Mahasiswa Informatika ( HIMAKA ) telah selesai memeriahkan hari jadinya yang ke 19th . Dan mendatangkan dua band yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya di kalangan anak muda. Siapa lagi kalau bukan FLOAT BAND dan juga THE RAIN. 

Yang lebih menggembirakan adalah, acara ini tidak hanya digelar atau dipersembahakan untuk mahasiswa jurusan informatika saja. Tetapi, semua mahasiswa jurusan yang ada di STT-PLN bahkan universitas – universitas lain seperti UNTAR, STIE TASKIA, STIE BHAKTI PEMBANGUNAN DAN UNIVERSITAS PERTAMINA juga dapat ikut merasakan euforia yang luar biasa. nah sigmainers, Lucky Sandro Asca selaku ketua pelaksana juga memberitahukan, bahwa tema HUT informatika ditahun ini yaitu “ Laut”. Wah , unik ya sigmainers. Ternyata maksud dari tema ini adalah melawan tema dari tahun lalu yang bertajuk “ Luar Angkasa”.

THERAIN juga ikut ngerayain FUNTASTIC nih

Crew Sigma foto bareng sama FLOAT sigmainers jangan iri ya!
 Rangkaian menuju puncak kemarin cukup banyak juga loh sigmainers, mereka membuat beberapa acara yang memberikan banyak sekali hadiah dan juga uang tunai yang ditunjukan untuk semua mahasiswa se-JABODETABEK. Seperti, futsal , basket 3 on 3, scrabble dan juga lomba debat. Gimana nih sigmainers, apa kamu termasuk pemenang dari salah satu lomba tersebut?.

Dalam penampilannya kemarin, BAND FLOAT Gak kalah meriah ya sigmainers, penampilan apik dan keren banget juga ditunjukan band yang membawakan sekitar 8 lagu andalan mereka, sampai – sampai para penonton rela berdesak – desakan bahkan menunggu beberapa saat hanya demi menyaksikannya. Tidak hanya itu penampilan yang paling banyak dinanti oleh seluruh penontonpun akhirnya pecah saat kemunculan THE RAIN dengan membawakan sekitar 8 lagu juga, dimana mereka membawakan lagu “TERLATIH PATAH HATI” untuk mengakhirinya. Selain itu , mahasiswa juga tidak hanya disuguhkan dengan kemeriahan konser dari bintang utamannya, mereka juga disuguhkan dengan cukup banyak stand food himpunan , jurusan dan juga pihak luar yang menemani.

Suasana di FUNTASTIC19

“ Gak nyangka sih, bisa ramai kaya gini. Karena saya juga sebenernya random ngundang bintang tamunya . Soalnya susah banget menilai selera music mahasiswa kampus kita, tapi kita berani ngambil resiko”. Kesan Lucky sebagai ketua pelaksana.


















Written By Dinar
Report By Astary

Tuesday, May 1, 2018

APAKAH INFINITY WAR MENJADI AKHIR DARI KEHIDUPAN AVENGERS ?


Squad AVENGERS 
Sigmainers, udah pada nonton “Infinity War” gak? Wagelaseh kalo belum hehe. Apa udah keburu kesel deluan nih gara-gara lagi boomingnya big spoiler film Avengers: Infinity War? Huehehe. Kabar-kabarnya nih sigmainers, film ini merupakan salah satu film termahal diantara film-film Marvel Cinematic Universe lainnya, yaa kira-kira 300-400juta dolar atau kalo mau dijadiin rupiah udah ada muncul T nya tuh hehe. 

Avengers: Infiinity War merupakan film kesembilan belas dalam Marvel Cinematic Universe loh sigmainers. Dalam Avengers: Infinity War, Avengers bekerja sama dengan guardians Of The Galaxy untuk melawan si Thanos yang sedang berusaha mengumpulkan Infinity Stones. Karena Thanos sendiri memiliki idealisme bahwa untuk membawa keseimbangan semesta, ia harus memusnahkan sebagian makhluk yang hidup dari eksistensinya. Ia tidak tebang pilih siapa yang ia musnahkan, entah itu kaya atau miskin, superhero atau bukan. Karena kedahsyatan Infinity Stones (jika dikumpulkan bersama) tidak mampu dilawan oleh siapapun. Bahkan, dengan hanya jentikan jari saja sebagian makhluk hidup di alam semesta akan hilang. Di akhir film, misalnya terwujud. Setelah ia hampir dikalahkan oleh Thor, Thanos menjentikan jarinya hingga mimpi buruk pun terjadi. Dimana Black Panther (Chadwick Boseman), Spider-Man (Tom Holland), Doctor Strange (Benedict Cumberbatch), Star-Lord (Chris Pratt), Scarlet Witch (Elizabeth Olsen), dan bahkan Nick Furry (Samuel L. Jackson), yang muncul dalam kredit akhir pun ikut hilang menjadi debu.

Btw nih sigmainers, buat kamu yang udah nonton pasti ada yang beranggapan “kok gitu sih endingnya?” , “kok avengersnya pada ngilang sih?” , “loh kok avengersnya pada jadi debu?” , “Mereka mati ya?” , “Ataukah mereka beralih ke alam lain?” , “Bisa gak ya mereka balik lagi?” , Hahaha eh ini termasuk ngespoiler juga yak? Wkwk maapkeun.

Jadi gini nih sigmainers, untuk saat ini kalo dilihat dari referensi komik, jawabannya adalah mereka benar-benar mati. Meskipun demikian, mereka masih bisa kembali dan tampaknya ini akan menjadi bab yang ditunggu di Avengers 4 nanti. Penggemar hasil karya MCU patut berbahagia, karna nyatanya Avengers: Infinity War bukanlah akhir dari segalanya, ibaratnya film ini merupakan PART 1-nya yang mana kelanjutannya akan ada pada Avengers 4. Soalnya ya sigmainers, dilihat pada post credit Infinity War sendiri, sosok Nick Furry dengan pager super canggihnya memanggil ‘seseorang’ sebelum akhirnya ia menjadi debu. Yapss, di layar ponsel tersebut terlihat dengan jelas logo Captain Marvel yang tidak lain dan tidak bukan adalah Carol Danvers alias Captain Marvel. Dikabarkan juga bahwa nantinya Captain Marvel akan dibantu dengan 2(atau 3) Avengers yang absen di Infinity War, yaitu Ant-Man, Hawkeye, dan The Wasp.

Tangan Yang Kuat ni Sigmainers
Setelah sukses menarik penonton melalui film yang telah rilis di Indonesia mulai Rabu, 25 April 2018 ini, Marvel Cinematic Universe akan kembali merilis 2 deretan film kedepannya, yaitu, Ant-Man & The Wasp serta Captain Marvel yang dipastikan akan memberikan penonton setianya petunjuk lebih tentang apa yang akan terjadi di Avengers 4. Daripada kamu semakin penasaran nih sigmainers, makanya buruan ajak temen lo (kalo bisa sih gebetan) buat nonton tuh film sebelum akhirnya jadi nasi ditinggal seminggu huhuu... Dan jangan lupa untuk menunggu akhir dari credits rollnya ya sigmainers, karena masih ada satu lagi kejutan untuk kamu loh! Selamat menonton, jangan lupa ngajakin crew sigma ya Sigmainers :)









Written By : Debi






Monday, April 30, 2018

TEKNOLOGI PENUNDA LAPAR

Hai Sigmainerss
Kali ini kita bakal bahas tentang mesin baru yang ada di kampus kita. Sigmainers pasti udah pada tau kan? Yakali masih gak tau. Tapi iya sih ada yang belum tau. Kalo kamu nih sigmainers, udah tau apa belum ?

Si Penunda Laper Sigmainers nih..
Nih yang belum tau mesin barunya yang mana, siapa tau pada mengira mesin baru itu hanya untuk lab jurusan mesin. Bukan yah Sigmainers. Mesin barunya itu adalah Vending Mechine biru yang pasti setiap hari kalian liat, namanya Blue Pay. Cukup unik yah Sigmainers namanya.

Mungkin emang cocok sih diberi nama Blue Pay. Karena pengoprasiannya itu tidak memakai uang fisik seperti vending mechine biasanya. Tapi Blue Pay ini mengandalkan saldo yang disimpan didalam aplikasi yang disebut Blue Wallet. Walaupun memang untuk mengisi saldonya itu diawali dengan Top-Up menggunakan uang fisik melalui Blue Pay itu sendiri. Dan ketika pembayaran caranya dengan men-scan kode QR yang ditampilkan di layar mesinnya Sigmainers.

Selain untuk membeli makanan dan minuman, Blue Pay ini juga ternyata bisa digunakan untuk membeli voucher listrik nih Sigmainers, dan buat kalian Gamers sejati gak ketinggalan juga di Blue Pay juga bisa beli voucher game loh. Wahh banyak yah kegunaannya.

Walupun dengan segala kelebihan yang dimiliki, tidak serta-merta hal ini menjadikan Blue Pay andalan mahasiswa untuk berbelanja. Koprasi mahasiswa atau yang biasa disebut Kopma masih tetap menjadi primadona mahasiswa." Selama ada Blue Pay di kampus, penjualan di sini(kopma) masih seperti biasa, belum ada perubahan signifikan yang saya rasakan" jelas Koko, sapaan akrab salah satu penjaga kopma. "Mungkin karena mesinnya gak menerima uang receh, makanya mahsiswa masih sering berbelanja disini", tambahnya. Heemmss cukup menarik yah Sigmainers.

Selain Blue Pay ini tidak menerima uang receh, mahasiswa juga merasa mesin ini masih memiliki kendala lain. Misalnya mesin yang terkadang mati, makanan atau minuman yang dibeli tidak keluar atau bahkan kadang mesinnya kosong padahal sudah banyak mahasiswa yang mau menggunakan. Tapi tenang saja, untuk mengatasi masalah mesin yang kosong, petugas refiil yang bertanggunh jawab untuk Blue Pay ini pasti akan mengisi mesinnya. Salah satu petugas yang saya temui yaitu Pak Encep Haerudin berkata bahwa untuk mesin yang kosong itu biasanya diisi pada waktu pagi, siang atau sore. Jadi kalo Sigmainers udah mau beli tapi mesinnya masih kosong, positif thinking aja mungkin barusan habis dan pak Encep-nya belum sempat ngisi. And then kalo masalah mesinnya yang mati walaupun isinya full, tenang aja setiap hari ada SPG-nya kok yang bakal memantau keadaan Blue Pay-nya dan kalo ada masalah teknis, dia yang bakal hubungin petugas yang bersangkutan. Begitu sigmainers.

Perut Sibiru yang di gemari Sigmainers ya!!
Tapi dengan adanya Blue Pay ini, juga mengahdirkan beragam tanggapan di kalangan mahasisawa. Ada yang merasa dimudahkan, ada juga yang menganggap pihak kampus seperti 'menjilat ludah' mereka sendiri. Bukan tanpa alasan ada kalimat seperti ini. Hal ini dijelaskan oleh dua orang mahasiswa yang saya temui. Farid dan Hanif, yang mengungkapkan tanggapan mereka terhadap Blue Pay ini. "Blue Pay ini bisa ada di kampus kita memang menimbulkan adanya kegembiraan dikalangan mahasiswa" tanggap Haniv. "Saya sendiri pernah menggunakan(Blue Pay), dan saya merasa terbantu karena Blue Pay ini letaknya ada di tempat yang sering didatangi oleh mahasiswa" tambahnya.
Tapi berbeda halnya dengan Farid. Ia memiliki tanggapan berbeda mengenai adanya Blue Pay ini. "Saya juga pernah make(Blue Pay), tapi kalo mau dibilang seneng gak juga. Karena sebenarnya mesin ini sudah ada sejak lama di kampus-kampus lain, jadi bisa dibilang kampus kita ini terlambat" jelasnya. Selain itu Farid memperkuat kalimat sebelumnya, ia menganggap bahwa pihak kampus itu telah berlaku curang. Karena ia mengingat di waktu dulu ada beberapa oknum mahasiswa yang melakukan kagiatan penjualan juga di area kampus. Tapi hal tersebut mendapatkan pelarangan keras dari kampus dengan tindakan pengusiran. Sontak dengan adanya Blue Pay ini mengingatkan kembali kepada hal tersebut.

ini ni cara gunainnya :)
Waahh benar-benar banyak tanggapan yah Sigmainers. Ada yang pro ada yang kontra. Kalo menurut guw sih Sigmainers, pihak kampus memutuskan untuk menggunakan Blue Pay dengan tujuan meningkatkan kesejahtraan mahasiswa. Heummsss
Tapi gimana menurut kalian Sigmainers? , so, apapun fasilitas kampus yang disediakan, kita harus tetap menjaganya ya sigmainers. Terlepas, dari baik atau buruknya fasilitas tersebut.













Written By Arinil



Sunday, April 1, 2018

TAHES CUP 2018

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun HIMAJA ( Himpunan Mahasiswa Majapahit STT-PLN ) , para anggota HIMAJA mempersembahakan pertandingan yang sangat sektakuler yaitu pertandingan futsal yang mereka berinama TAHES CUP. Ngomong – ngomong nama dari turnamen ini cukupunik ya sigmainers , kalo kita teliti nih kata “TAHES” jika dibalik pembacaannya , maka akan dibaca “ SEHAT “. Wah keren ya, tapi gak tau deh itu kebetulan atau nggak. Kalau benar, mungkin ini akan sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan . Karna dengan diadakannya TAHES CUP ini, akan menunjukan sportifitas dan membuat kita menjadi sehat tentunya dibidang olahraga. Acara yang berlangsung dari 19 – 29 Maret 2018 ini meriah banget sigmainers. Karena, mengundang semua himpunan daerah yang ada dikampus untuk berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Antusias yang muncul dari seluruh penikmat pertandinganpun sangat heboh, membuat panitia semakin bersemangat untuk melancarkan acara ini.


kumpulan panitia TAHES 2018

Gimana nih sigmainers?, apa kalian termasuk penontonnya?. Kalau “iya” kalian pasti tau banget gimana keseruan yang ada di Lapangan Griya , Tanggerang Banten. Telah terjadwal ada 16 team yang bertanding dan sebagai pelengkap, tuan rumah juga tidak mau kalah untuk mengirimkan team andalan. Bahkan, ngga tanggung – tanggung nih sigmainers team HIMAJA mengirimkan dua team sekaligus .

Dari pelaksanaan TAHES CUP 2018,  Dhanang Fajar Sidiq lah yang mengetuai acara ini. Dia mengatakan bahwa para pemenang tidak hanya mendapat piala bergilir saja. Melainkan, akan mendapat uang tunai jutaan rupiah untuk juara 1,2 dan 3. Hadiah juga ngga berenti sampai disitu aja nih sigmainers, bahkan pencetak scor terbanyakpun bakalan mendapat hadiah uang tunai senilai seratus ribu rupiah. Wah, asik banget ya.


ini nih para pemenang TAHES CUP

Nah, ini dia pemenang dari TAHES CUP 2018, pemenang juara 3 ada majapahit dan pemenang juara 2 ada HIMAMI dan sang juara ialah SOMBA nih sigmainers dan untuk pencentak gol terbanyak atau biasa disebut top score ada dua nih sigmainers Yohanes dari somba dan aqil dari permata papua.

Pemanang TahesCup ni = SOMBA 

“ seneng banget ya , bisa liat antusias mereka yang masih terus ada. Meskipun, udah hampir selesai pertandingannya. Acaranya cukup bagus, dan rangkaian ini juga merupakan serangkaian menuju ulang tahun HIMAJA yg akan dilaksanaakan pada tanggal 9 mei nanti. Do’akan ya semoga lancer.” harapan ketua pelaksana.










Written by : Dinar
Report by : Enchin 


Tuesday, January 9, 2018

Throwback 2017


Happy new year Sigmainers, gak kerasa udah 2 pekan kita udah ada di 2018. Sepanjang tahun 2017 ada banyaaak banget berita berita yang terjadi di Indonesia. Untuk mengingatkan lagi,gua bakal kasih tau berita-berita apa aja yang udah terjadi dari bulan Januari-Desember 2017 


1. Januari 

Tahun 2017 diawali dengan Terpilihnya presiden baru Amerika Serikat yaitu Donald Trump, Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 menandai dimulainya masa jabatan empat tahun Donald Trump sebagai Presiden dan Mike Pence sebagai Wakil Presiden. Sebuah upacara publik diadakan pada hari Jumat, 20 Januari 2017, di Sisi Barat Gedung Capitol di Washington, DC, dan menjadi orang tertua dan terkaya yang dilantik sebagai presiden, dia merupakan presiden pertama yang tanpa pengalaman pemerintahan atau militer sebelumnya.


Di Indonesia sendiri juga ada kejadian yang booming di bulan januari nih sigmainers, yaitu Kejadian super lucu terjadi saat Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada anak-anak panti asuhan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/1) pagi. Dalam momen itu, Jokowi mengadakan kuis berhadiah bagi siswa-siswi. Kejadian tidak terduga terjadi ketika si anak SD tersebut menyuruh salah seorang anak SD menyebutkan nama-nama ikan.


Murid yang dikabarkan bernama Maulana itu tampak kesusahan menjawab pertanyaan Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu kemudian membantunya.


Maulana kemudian menyebut nama ikan seperti ikan lele, ikan paus, ikan teri. Namun masalah muncul saat dirinya akan menyebutkan nama ikan terakhir. Jokowi kala itu mengajarkannya untuk menjawab dengan ikan tongkol.


Nahas, Maulana justru salah melafalkannya dan mengucapkan kata yang merujuk pada alat kelamin pria. "Tadi sudah ikan lele, ikan paus, apalagi?" tanya Jokowi kepada anak SD tersebut. 


Saat itu juga Maulana mencoba mendengar jawaban yang dibisikkan oleh dua orang murid SMP di sebelahnya. "Ikan teri," jawabnya.


"Ayo satu lagi, dapat sepeda," sambung Jokowi.


"Ikan kon**l," ucap anak tersebut.


Spontan seisi ruangan tertawa akibat jawaban anak SD itu. Jokowi pun ikut terbahak mendengar ucapan terpeleset dari si anak.


Kejadian kocak tersebut terekam dalam sebuah video yang kini viral di media social.


2. Februari

Dibulan Februari ada pernikahan mewah Rachel Vennya ni sigmainers yang bernuansa bak negri dongeng. Rachel Vennya adalah selebgram, YouTuber, dan pebisnis muda sukses yang selama ini dikenal dengan kehidupannya yang mewah serta penuh impian dan inspirasi. Rachel telah resmi jadi istri dari pujaan hatinya, Niko, bulan Januari lalu. Tapi keduanya baru saja menggelar resepsi di Februari. Lagi-lagi pesta resepsinya ini jadi perhatian netizen karena mirip dengan negeri dongeng. 


Di Februari ini juga ada kabar yang sangat booming nih sigmainers dari negara India, India meluncurkan sebuah roket hari Rabu (15/2) pagi dari Sriharikota di India timur, dengan menempatkan jumlah rekor 104 satelit di antariksa dalam satu peluncuran. Ini melampaui rekor peluncuran roket sebelumnya dengan 37 satelit oleh Rusia tahun lalu, menurut badan antariksa India. Peluncuran itu juga merupakan tonggak sejarah dalam usaha negara itu untuk muncul sebagai pesaing yang kuat dalam industri antariksa niaga milyaran dolar sedunia dengan memotong biaya.


3. Maret

Dibulan Maret nih sigmainers ada Patung harimau di Komandan Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu mendadak viral di dunia maya. Karena bentuknya yang tidak biasa, netizen menganggap patung harimau itu lucu. Lihat saja senyum lebar yang menghiasi wajahnya, oleh karena itu netizen pun menyebutnya patung macan murah senyum.Sepertinya ada kesalahan desain dan eksekusi pada bagian mulut si harimau. Mulutnya terlalu lebar, dan bagian ujungnya dibuat terlalu naik sehingga menimbulkan kesan senyuman padanya. Si macan pun tampak sedang tertawa bahagia. Sangat bahagia.Keunikan ini menarik keisengan netizen untuk menciptakan berbagai kreasi meme kocak terkait patung macan lucu tersebut. Tak aneh belakangan ini media sosial diramaikan oleh si macan murah senyum. Jika Anda penasaran dan melewatkan kehebohan di media sosial, berikut kumpulan meme hasil kreativitas penghuni dunia maya terkait patung macan di Koramil Cisewu.

harimau tersenyum

4. April

Dibulan April ini sigmainers ada berita tentang kisah cinta dimas dan ruroh. Nama Dimas menjadi viral di jagat maya lantaran jawaban lucunya saat menyebutkan nama-nama pejabat Tanah Air. Tak berhenti di situ, nama bocah SD ini pun semakin menjadi perbincangan hangat karena kisah asmaranya dengan teman sekelasnya. Dalam videonya, Dimas mengungkapkan bahwa dirinya sedang naksir dengan seseorang bernama Mbak Ruroh. Eciye ciyee.. 


Lantas banyak yang penasaran dengan kisah cinta antara anak kelas 6 SD tersebut. Melalui video berikut ini, Dimas mencoba menjawab rasa penasaran dari netizen. Dalam video yang diunggah oleh akun Semar Mendem ini, Dimas mengungkapkan bahwa saat ini dirinya bukan seorang pacar dari Mbak Ruroh. Meski begitu, Dimas mengaku sudah beberapa kali jujur mengutarakan perasaannya kepada Mbak Ruroh. Namun demikian, jawaban yang ia terima hanya diam dan senyuman. Kelak, ia pun berharap menjadi pacar dari Mbak Ruroh.


5. Mei

Dibulan Mei kabar datang dari penyanyi Indonesia yaitu Raisa, yang menyatakan telah resmi bertunagan. Kisah cinta Raisa memang penuh lika liku. Siapa sangka dia kemudian melabuhkan hatinya pada Hamish Daud yang baru dipacari dalam hitungan bulan. Pertunangan mereka diselenggarakan pada Minggu malam (22/5). Berita pertunangan mereka tentu saja membuat banyak netizen sedih hingga kemudian muncul tagar hari patah hati nasional.


6. Juni

Tepat 1 juni adalah lahirnya PANCASILA. Jokowi dan Menteri Hingga Nitizen Jadikan #SayaPancasila Jadi Trending Topic.
Jadi Trending Topic, Aksi Demian Aditya di 'America's Got Talent' Bikin Simon Cowell Berdiri Penampilan Demian Aditya sukses memukau para juri "America's Got Talent" season 12. Seperti yang telah diketahui, Demian memang mendapat tawaran untuk tampil di ajang pencarian bakat "America's GotTalent". Aksi Demian ini ditampilkan di Amerika. Di acara tersebut, Demian rupanya didampingi oleh sang istri Sara Wijayanto yang menunggu di belakang panggung bersama host Tyra Banks. 


7. Juli

Putra Presiden Jokowi mengawali ternding topic di bulan Juli ni sigmainers, Muhammad Hidayat sebagai pelapor dan dengan terlapor Kaesang Pangarep atas kasus dugaan ujaran kebencian. polisi telah memintai keterangan tiga saksi yakni ahli bahasa dan ahli teknologi informasi. Kaesang dipolisikan karena mengunggah video dengan ucapan,"Mengadu-adu domba dan mengkafir-kafirkan, tidak mau mengingatkan, padahal sesama muslim karena perbedaan dalam memilih pemimpin. Apaan coba? Dasar ndeso". Namun pada kasus ini Putra Presiden dinyatakan tidak bersalah.


Dibulan Juli juga muncul lagu yang sangat tren yaitu Lagu Despacito yang dinyanyikan Luis Fonsi, Daddy Yankee, dan Justin Bieber hingga saat ini masih sangat viral. Sejak beberapa bulan lalu, netizen Indonesia juga banyak yang mencover lagu Despacito dengan improvisasi. Kini, cover lagu Despacito menjadi trending nomor 1 di YouTube Indonesia. Cover lagu Despacito itu dinyanyikan oleh Gen Halilintar. Gen Halilintar merupakan keluarga dengan 11 anak yang sangat hits di media sosial. Kekompakan mereka banyak membuat iri netizen.


Diunggah sejak 11 Juli 2017, cover Despacito dari Gen Halilintar bertahan menjadi trending nomor 1 di YouTube sejak Jumat (14/7) pagi. Sebanyak 13 orang, yakni 11 anak dan 2 orangtua keluarga Gen Halilintar menyanyikan lagu berdurasi 4 menit 4 detik itu.


8. Agustus

Hal-hal absurd kerap menjadi tren di media sosial, salah satu yang terbaru adalah tren lagu yang disebut dengan judul Eta Terangkanlah. Saat didengarkan, lagu tersebut seperti dinyanyikan secara asal-asalan oleh beberapa pria. Belum diketahui secara pasti siapa warganet pertama yang mengunggah Eta Terangkanlah. Namun setelah rekamannya menyebar, bermunculan video yang menggunakan audio Eta Terangkanlah di video-video berjoget.


9. September

Dibulan September “BABY SHARK DANCE” menjadi booming nih sigmainers di kalangan youtubers-youtubers. 


10. Oktober

Oktober menjadi bulannya Jakarta nih sigmainers, karena ada Momen penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur baru, terasa melalui media sosial Twitter yang kini sudah ramai dengan tagar #SelamatBekerjaAniesSandi.


Dan di Oktober ini juga ada tranding topic film PENGABDI SETAN nih sigmainers, yang jalan ceritanya sangat horror membuat film ini digemari banyak penonton.


11. November

Dibulan November ada Artis dan pembawa acara Rina Nose baru saja menghebohkan publik karena melepaskan hijabnya. Ia pun dikecam banyak pihak karena keputusannya tersebut. Rina langsung memposting foto dirinya di Instagram dan menuliskan satu paragraf berisi perubahan keputusannya. 


Setya Novanto Kecelakaan, SaveTiangListrik Jadi Trending Topic, Setelah dilaporkan menghilang pada Kamis (16/11/2017) tepat saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Setya Novanto, warganet kembali dibuat terkejut dengan kabar Ketua DPR RI tersebut kecelakaan. Seperti disebutkan sebelumnya, mobil yang ditumpangi tersangka kasus korupsi e-KTP itu menabrak tiang listrik yang mengakibatkan bagian depan mobilnya hancur saat menuju ke gedung KPK. Uniknya, alih-alih prihatin terhadap kondisi Setya Novanto, warganet justru lebih mengkhawatirkan kondisi tiang listrik setelah ditabrak mobil Fortuner milik Ketua DPR itu. Alhasil, warganet pun menyerukan tagar SaveTiangListrik (#SaveTiangListrik) di Twitter.


12. Desember

Yeeeey sekarang kita sudah berada di penghujung tahun 2017. Banyaaak banget peristiwa unik dan menghebohkan yang terjadi sepanjang bulan desember nih sigmainers. Reuni Akbar 212 Jadi Trending Topic di Linimasa Twitter Indonesia


Peserta demonstrasi 2 Desember 2016 menggelar reuni aksi 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). Berpakaian serba putih, mereka yang sering disebut sebagai alumni 212 ini mulai memadati kawasan Monas. Selain meramaikan Monas dan Jakarta, di linimasa Twitter Indonesia, tagar ReuniAkbar212 pun menuncaki trending topic.


Dibulan Desember sangat special bagi kaum wanita khususnya ibu ni sigmainers karena Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Jumat, (22/12/2017) menjadi topik hangat di situs jejaring sosial Twitter. 'Selamat Hari Ibu' pun memuncaki trending topic Twitter Indonesia. Melalui situs microblogging ini warganet mengungkapkan perasaannya kepada ibu mereka, juga tak lupa memberikan doa dan ungkapan terima kasih.


Desember 2017 juga terdapat bencana alam nih sigmaners, yaitu Gempa Bumi mengguncang Jakarta dan sekitarnya pada Jumat malam (15/12/2017) pukul 23.51 WIB. Gempa dirasakan pada warga khususnya yang tinggal di bangunan tinggi seperti apartemen. Dan ternyata, gempa tak hanya berlangsung di Ibu Kota, gempa juga mengguncang wilayah lain, bahkan hingga ke Yogyakarta. Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa ternyata mencapai 7,3 Skala Richter (SR). Dari akun Twitter resminya, @BMKG membenarkan gempa terjadi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan pusat gempa di kedalaman 105 kilometer. 


Juga ada kabar duka di bulan Desember ni sigmainers, Berita kematian Kim Jonghyun, pentolan SHINee menggemparkan para pecinta K-Pop di mancanegara. Menurut catatan yang ditinggalkannya, penyanyi Korea ini bunuh diri akibat depresi. Penggemar K-pop berduka setelah salah satu bintang terbesarnya: Penyanyi Korea Selatan Kim Jong Hyun meninggal pada usia 27 tahun. Menurut keterangan kepolisian, Selasa (19/12/17), pentolan boy band SHINee ini bunuh diri. Musisi yang dikenal dengan nama panggung Jonghyun tersebut ditemukan tewas di sebuah apartemen sewaan di Seoul pada hari Senin (18/12/17).


SHINee raih kesuksesan terutama di Asia. Album pertama boy band beanggotakan lima orang ini dirilis pada tahun 2008. Album pertama ini turut membawa mereka ke jajaran bintang musik pop berbahasa Korea terbesar. Tahun 2015, Jonghyun memulai karir solo dengan mengeluarkan album Base. Semasa hidupnya, Jonghyun dikenal sebagai sosok ceria dan humoris, dan juga sangat sensitif. Ia termasuk salah satu bintang Korea yang mudah bergaul dan punya banyak teman. Tidak seperti kebanyakan bintang K-Pop, Jonghyun tidak menganut gaya hedonisme setelah tenar. Seorang teman dekat penyanyi tersebut, Nain9, mempublikasikan pesan dari Jonghyun di Instagram. Dalam catatannya, bintang pop ini bercerita tentang depresi, yang akhirnya "melahap" dia sepenuhnya. "Saya merasa sangat kesepian," tulis penyanyi tersebut.


Dalam bisnis pop Korea Selatan terdapat persaingan yang sangat ketat. Dan mereka berada di bawah tekanan yang luar biasa untuk mempertahankan citra sempurna mereka - sama seperti Jonghyun, yang dianggap sebagai bintang pop yang rendah hati.


Di rumah sakit, di mana dokter mengumumkan kematian penyanyi tersebut, sebuah altar dibangun untuknya. Di media sosial ribuan fans menyatakan ketidakpercayaan akan kematian idola mereka. Kematian Jonghyun dalam usia 27 tahun dikaitkan dengan Club 27, tokoh-tokoh musik yang meninggal di 27 tahun. Termasuk dalam klub ini diantaranya penyanyi Inggris Amy Winehouse, legenda grunge Kurt Cobain, penyanyi AS Janis Joplin, pentolan The Doors Jim Morrison, Jimi Hendrix dan Brian Jones (Rolling Stones).



Maaf ya sigmainers hehe bukannya ingin mengingatkan pada kisah masalalu cuman ingin mengulas kembali apa saja yang udah terjadi di tahun 2017, lupakan hal - hal yang menyakitkan ditahun lalu dan jangan lupa untuk terus lakukan hal - hal yang bermanfaat dan jadilah lebih baik. Semoga resolusi kamu di 2018 ini bisa tercapai. Ammin ,selamat tahun baru sigmainers












#WrittenBy : Enchin
byebye2017 :)