Tuesday, October 24, 2017

Ngulik Asik Laboratorium Kimia Dasar!

Sigmainers, buat kamu angkatan 2017 pasti ngga asing sama yang namanya Laboratorium Kimia Dasar. Nah kali ini buat kamu nih yang merasa dirinya sering banget mampir atau buat kamu yang sama sekali belum pernah sekalipun mampir ke LAB yang satu ini, kali ini gua bakal ngulik asik secara tuntas mengenai Lab Kimia Dasar STT-PLN.



Kita Mulai dari Lokasinya. Lokasi LAB ini ada di lantai dasar gedung B STT-PLN tepatnya didepan persis LAB Mekanika Tanah Teknik Sipil. Praktikum Kimia hanya untuk Teknik Sipil dan Teknik Mesin S! serta D3. Kebetulan , LKD ini merupakan LAB dibawah naungan WAKET 1 STT-PLN.
Berikut adalah nama – nama pengurus LAB Kimia Dasar STT_PLN :
Kepala LAB                          : Yusnita Rahayu S, Si
Instruktur                            : 1. Muhammad Ridwan, S.T
                                                  2. Rudina Okvasari S.Pd M.Si
Staf                                        : Enjang Hidayat
Koordinator Aslab            : 1. Dimiko Almmi ( S1 T. Mesin )
                                                  2. Swiono Regnalt Sinaga ( S1 T. Mesin )
                                                  3. F. Artha Uli Simanjuntak ( S1 T. Sipil )
LAB kimia memiliki seluruhnya 13 Asisten yang tergabung dari Mahasiswa T.SIpil dan T. Mesin.  Kebersihan sangat dijaga di Laboratorium ini sehingga membuat para praktikan sangat nyaman dalam melaksanakan praktikum. Selain itu , peralatan yang memadai membuat LAB ini sangat baik dalam fasilitasnya , tak lupa aturanpun dibuat agar para praktikan dapat tetap disiplin dan mematuhi segala peraturan demi kenyamanan bersama.
Suasana Praktikum
















Lemari Asam Tempat Pembuangan Zat Asam Berbahaya




Meskipun STT-PLN merupkan sekolah teknik , tapi Kimia harus tetap ada dalam pembelajaran . Karena, Kimia menunjang Ilmu dasar Teknik khususnya pada Praktiknya nanti. Sayangnya , disini system penguraian limbah kimia masih kurang , karena banyak zat asam , basa maupun garam yang dibiarkan terbuang begitu saja. Seharusnya , berbagai zat ini ditampung dan kemudian dinetralkan dahulu sebelum nantinya dibuang ke lingkungan .




“ Kimia juga penting untuk Teknik Sipil dan Teknik Mesin.  Dihrapkan Para Mahsiswa dapat serius dalam menjalani Praktikum demi kebaikan bersama “ – Instruktur LAB Kimia Dasar.