Monday, April 3, 2017

Berawal Dari Coba - Coba. TRY OUT BUMN 2017

Setiap Orang ingin memilik masa depan yang cerah, serta  pekerjaan yang menjanjikan di masa tuanya. Gw yakin banget nih , sigmainers semua pasti Menginginkan hal tersebut!.Hampir rata rata nih,  mahasiswa yang  berkuliah di STT_PLN,  pasti ingin bekerja di BUMN (Badan Usaha milik Negara) seperti PLN, PERTAMINA dll. Tapi bayak banget nih sigmainers semua , yang bingung , gimana sih cara nya agar Gw tuh lulus Test BUMN ?.
Pada 31 maret -01 april kemarin nih, HIMAKA Stt-Pln telah mengadakan Tryout BUMN yang bertuan untuk membantu sigmainers semua agar dapat lulus Test Bumn di semester 5(D3) dan semester 7 (s1), dan terbuktisih bayak banget peserta yang menggikuti acara tryout BUMN.


Hari 1:
Di hari 1 diadakan seminar tentang BUMN, Tahapan Seleksi tips tips menghadapin Ujian BUMN dll.
*Pola Rekrutment
Untuk S1 diadakan Test pada semester 7 dan D3 diadakan Test pada semester 5.
*Tahapan Seleksi
1.Administrasi => mengenai Test berkas lo
2.Test Akademik =>terdapat tes bahasa Inggris,tetap dll
3.Psikotes
4.Test Fisik
5.Test Lab Lanjutan
6. Interview
7.Diklat Prajabatan
8.Penempatan
9.Penggangkatan Pegawai
*tips tips
1. saat Test psikotes lo jangan sampai berbohong ya sigmainers, krana sang psikolog Tzu loh kalau kamu itu berbohong. Dari sekarang nih loe harus terbiasa hidup dengan kejujuran
2. di Test kesehatan, lo harus menjaga kesehatan lo dari jauh jauh hari. Jangan sampai lo menjaga kesehatan lo di h-1 minggu ya.
3. di Test wawancara, yang di nilai itu, penampilan lo, kejujuran lo , dan sikap lo. Kamu juga harus bisa berbahasa Indonesia yang  baik dan benar.
Lo pasti tauu,Karna kampus kita nih bekerja sama dengan pihak pln jadi kita hanya mengikuti tahapan Seleksi dari on 3 saja tanpa melewati Test 1&2.
so dari sekarang, kamu harus mempersiapkan diri kamu kalau kamu ingin lulus ya sigmainers.


Hari ke 2:
 Setelah dibekalin motivasi- motivasi dimana cara lulus testBUMN , saatnya para peserta melakukan simulasi Tryout Bumn, yang berguna agar peserta mengetahui kemampuan dirinya sendiri, dan memiliki persiapan untuk melakukan Test BUMN di semester 5 & 7.
Test pertama: Test mengenai TPA(Test Potensial Akademik)
Di Test ini lo dikasih 90 soal dan loe harus mengerjakannya dengan tepat dan benar, dan soalnya terdiri
Test ke Dua :Test psikologi
Di Test yang ke 2 ini merupakan Test tentang diri lo sendiri. Lo di bagikan 3 lembar kertas hvs kosong ,dan loe di pandu oleh psikolog untuk mengisi kertas tersebut. Kertas 1 lo di suruh gambar Orang, kertas ke 2, lo disuruh gambar pohon, dan kertas ke 3 lo disuruh gambar Rumah+Pohon+orang. Os dari semua kertas yang lo gambar itu, seorang psikolog dapat mengetahui dari lo dan sifat lo.


Kebanyakan nih mahasiswa STT-PLN banyak kalah di Test Psikotes karna pada saat Test berlangsung, banyak peserta yang tidak mengikutin peraturan yang di berikan pembimbing dan kebanyakan juga mahasiswa sepele dengan soalnya” susani“

So buat loe semua tetap sengat, berdoa, dan jaga kesehatan lo. Agar loe bisa lulus Test BUMN nanti.





Report and Writer by Travis