Monday, September 5, 2016

Kuliah? Siapa Takut!




Hai Adik-adik semuanya, terutama bagi kamu mahasiswa baru STT-PLN Jakarta 2016. Gimana rasanya PLKMM Pra-Td selama seminggu? Udah pada hitam ya? Atau udah ada yang dapat kakak-kakakan? Hehe. Welcome to ‘Masa Perkuliahan’ yang katanya kita bisa bebas itu lo haha, tapi kamu akan ngerasain banyak hal yang tak terduga dan masa-masa yang berbeda dari Masa SMA kamu. Apa aja sih yang ngebedain Masa Perkuliahan dengan Masa SMA? Check this out!

1.      Gaya Belajar
Ketika kamu masih duduk dibangku SMA pasti kamu akan mendapati guru yang mendatangi kamu ke kelas, berbeda halnya dengan itu ketika Kuliah kamu akan menunggu diruang kelas dan menunggu dosen. Tetap metode belajarnya mungkin mirip. Biasanya di kampus dosen itu lebih cuek daripada guru. Biasanya dosen bodo amat mahasiswanya akan nyatet atau nggak. It’s all depends on you guys buat jadi mahasiswa yang seperti apa didepan dosen kamu.



Cara berteman
Di dunia perkuliahan kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam teman yang beda latar belakang, biasanya dikampus kita juga mostly adalaha anak-anak dari berbagai daerah di Indonesia, hayo udah belajar bahasa apa aja selama PLKMM Pra TD kemaren? Selama masa-masa awal maba kamu akan sering mendengar pertanyaan seperti “Asalnya dari mana?” “Jurusan apa?” dan modus-modus lainnya kiki. Tapi seiring berjalannya waktu kamu akan menemukan teman yang kamu comfortable with dan ada beberapa istilah kelompok pertemanan mahasiswa yakni yang pertama Mahasiswa Kura-Kura, ini adalah mereka yang punya organitation oriented dan punya ambisi untuk jadi pejabat pejabat kampus, mereka biasanya sering kamu temui dikampus, terus mereka juga sering banget rapat makanya dibilang Kura-Kura (Kuliah Rapat Kuliah Rapat). Second ada mahasiswa yang hobbynya foya foya, biasanya anak-anak orang kaya atau ciwi ciwi hitz kampus yang uang -hariannya sampe 1 jutaan (Sett) haha. Terus terakhir ada anak-anak yang study oriented banget yang kerjaannya hanya kuliah kuliah kuliah dan gabut tidur dikos, malem belajar dikos mereka terkenal dengan sebutan Kupu-Kupu (Kuliah – Pulang Kuliah Pulang). So find out kamu mau jadi orang yang dikenal seperti apa diperkuliahan dan masuklah organisasi yang mampu membuat kamu nyaman, Sigma Radio mungkin salah satunya hehe



3.      Tugas dan Nilainya
Ketika SMA mungkin kamu sudah sering mengeluh mengenai tugas tugas-tuga syang diberikan oleh Guru kamu, oopss jangan salah kuliah adalah tempat yang paling indah untuk tugas-tugas dan laporan. Yep! Apalagi buat kita-kita anak teknik ini, laporan bisa tebal-tebal banget dan membuat jari kamu keriting. Nah sebelum masuk ke lab hadapi minggu awal perkuliahan dengan baik ya guys nanti kalau udah mulai masuk lab energi kita akan sangat terkuras.

At last, kuliah maybe totally different sama SMA tapi nikmatilah fase ini akan segera berakhir juga. 4 tahun it’s not too long guys dan jangan sampai kamu menyia-nyiakan da tidak berbuat apa-apa selama kamu di kuliah, penyesalan akan selalu datang terakhir. Gmoorning you all J