Saturday, September 12, 2015

Selamat Hari Radio Nasional, Sigmainers !

Dizaman sekarang ini radio masih merupakan sebuah media favorite yang menjadi sebuah sarana informasi. Radio sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).

Awalnya radio digunakan untuk Angkatan Laut Jepang yang memata-matai armada Rusia saat Perang Tsushima pada tahun 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah saat tenggelamnya RMS Titanic pada tahun 1912. Penemu radio sendiri adalah Guglielmo Marconi.
Sedangkan di Indonesia sendiri sigmainer radio pada pertama kali didirikan pada tanggal 11 september 1945, untuk pertama kalinya dr. Abdulrahman Saleh yang menjadi pemimpin umum Radio Republik Indonesia. Pada awalnya bapak abdulrahman dipilih dengan diadakannya rapat oleh tokoh-tokoh yang pernah menjalankan radio di Jepang pada zaman itu. 
 Meskipun 11 September diperingati oleh Hari Radio Nasional tetapi sebenarnya Bataviase Radio Vereniging(BRV) di Batavia lah yang pertama kali mengudara tanggal 16 Juni 1925 untuk pertama kalinya dengan acara Nederlands Indie-Hindia Belanda. 
 Banyak sekali fakta-fakta menarik mengenai Radio nih Sigmainer diantaranya adalah mendengarkan radio lewat AM/FM lebih populer dari mendengarkan radio lewat streaming. Fakta lainnya adalah pada tahun 2010 nih Sigmainer 75% dari rumah tangga di Indonesia memiliki radio. 
 Sebagai sarana Informasi maka rado haruslah menjadi media yang tidak memihak kepada pihak lain. Radio juga merupakan media yang langsung atau biasa disebut dengan “talk to one person” dan juga merupakan informasi yang sangat cepat. Radio juga merupakan sarana informasi yang hangat dan fleksibel juga murah. Mendengarkan radio juga menurut fakta dapat mengembangkan dan menambah wawasan tentang pengetahuan lainnya. 
 Nah untuk itu Sigmainers, walaupun sudah banyak media yang bisa menjadi sarana informasi tetapi masih banyak hal-hal yang memang membuat radio menjadi media yang tidak tergerus perkembangan zaman. Jadi tetep dengarin Radio ya, Sigmainers. 

By : MiRMiR