Thursday, September 3, 2015

Masih Siswa atau Mahasiswa?

Siggmainers pasti tahu apa itu siswa dan apa itu mahasiswa, nah kali ini kita bakal membahas sedikit perbedaan ketika menjadi siswa dan saat sudah menjadi mahasiswa. Selama ini yang sigmainers tahu Siswa adalah orang yang belajar di tingkat sekolah, bener banget karena menurut pengertian Siswa adalah individu atau sekelompok orang yang menempuh wajib belajar 12 tahun dengan tingkatan usia tertentu di sebuah lembaga pedidikan berupa sekolah entah negeri ataupun swasta. Sedangkan Mahasiswa secara pengertian adalah individu atau sekelompok orang yang sedang menempuh pendidikan sesuai jalur minat atau jurusan di sebuah lembaga pendidikan tinggi seperti Akademi, Institut, Universitas atau sejenisnya.


Baiklah hal pengertian diatas merupakan artian secara harfiah nih Sigmainers, namun dalam pembahasan kita kali ini, adalah arti sesungguhnya Mahasiswa dalam peran kehidupan berbangsa kita.
Ketika masih menjadi siswa mungkin kita sedang nakal nakalnya atau bahkan sangat pendiam sehingga tidak acuh terhadap banyak hal. Akan tetapi lain hal ketika menjadi mahasiswa, kita harus bisa menjadi pribadi yang berbeda, karena sesungguhnya seorang mahasiswa adalah motor penggerak kehidupan masyarakat. Mahasiswa merupakan agent of change yang harus membawa perubahan positive untuk masyarakat.
Ketika masih menjadi siswa kita hanya bertanggung jawab atas nilai dan orang tua, tapi kita sebagai mahasiswa menanggung beban besar karena kita juga diwajibkan menjujung tinggi tri dharma perguruan tinggi yang meliputi
1. Pendidikan dan Pengajaran
2. Penelitian dan Pengembangan
3. Pengabdian Masyarakat.
Nah sigmainers di dalam tri dharma perguruan tinggi tersebut jelas bahwa seorang mahasiswa tidak hanya diberi beban untuk menjalani pendidikan ataupun mengembangkannya dalam penelitian tapi juga Mahasiswa melalui Sekolah Tinggi, Universitas, Akademi atau apapun sejenisnya diwajibkan untuk mengabdikan diri pada masyarakat. Beban tersebut tidak dapat dipikul jika cara berpikir Sigmainers MasihSiswa. Hal ini dapat terwujud jika dilaksanakan dengan  penuh tanggung jawab dan pikiran matang sebagai seorang Mahasiswa. Kita harus menjadi contoh untuk masyarakat agar dapat melakukan perubahan diberbagai bidang. Yang tidak kalah penting nih sigmainers sebagai mahasiswa kita harus membuang egoisme kita pribadi demi kepentingan bersama, dan kita harus bisa membedakan antara egois dan idealis, seseorang yang masih siswa (sebagian besar) cenderung egois dengan hanya memegang prinsip yang mendukung dirinya saat ini saja, memaksa orang lain agar sependapat dengannya, dan prinsipnya ini semata mata hanya untuk kepentingan pribadi. Dan masih terbawa ketika dia ke jenjang berikutnya. Sedangkan seharusnya sebagai seorang yang mempunyai idealisme kita harus memegang prinsip dengan teguh sampai kapanpun, tidak pernah memaksakan atau mendoktrin pikiran orang lain agar sama dengan dirinya, menggunakan prinsipnya untuk mengatur kehidupannya sehari hari.
Intinya nih sigmainers secara sosok Mahasiswa adalah individu yang mulai terjun kedalam masyarakat dengan bekal ilmu pengetahuan dan kemandirian sebagai seorang pemuda yang juga merupakan bagian dari masyarakat tersebut, sedangkan siswa adalah individu yang masih harus dididik agar tidak keluar dari jalur yang tidak seharusnya dan agar menjadi calon penerus bangsa yang benar benar siap ikut andil dalam masyarakat.

By : YuTama