Saturday, June 20, 2015

PEMILU Himpunan Mahasiswa Jurusan "Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kita"


Haloo sigmainers. Seperti biasa Sigma Radio selalu punya berita-berita segar, “fresh from the oven” yang gak bakalan pelit dibagi sama sigmainers nih
Kebetulan nih sigmainers. Bulan Juni menjadi bulan-bulan sibuk di kampus STT-PLN. Karena pada bulan ini berlangsung pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (S1) STT-PLN.
 
Dimulai dari Senin tanggal 8 Juni 2015, diadakan Pemilihan Umum Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin (S1 Teknik Mesin) STT-PLN diikuti oleh 4 pasangan calon Kahim dan Wakahim. Serangkaian acara dalam PEMILU HMM tahun ini dimulai pukul 13.00 – selesai dengan sesi debat kemudian dilanjutkan dengan pemilihan langsung dan perhitungan suara. Setelah melalui perhitungan suara yang menegangkan, terpilihlah Eza Brian dan Asep sebagai kandidat terpilih Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) periode 2015/2016.
Kemudian disusul pada hari Selasa, tanggal 9 Juni 2015 pukul 08.00 – selesai, dilaksanakan Pemilihan Umum Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro (S1 Teknik Elektro) STT-PLN diikuti oleh 2 pasangan calon Kahim dan Wakahim, dengan kandidat nomor urut 1 adalah Aditya Pambudi Nugroho - Alvin Dwi Rio Adiputra dan kandidat nomor urut 2, Itho Zainal Mutaqqin - Lambang Gunawan Ekiyanto. Acara PEMILU yang diadakan berkonsep sama, yaitu debat dilanjutkan pemilihan suara dan  PEMILU dihadiri oleh 316 mahasiswa aktif HME. Kemudian terpilihlah Aditya Pambudi Nugroho - Alvin Dwi Rio Adiputra sebagai kandidat terpilih Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) periode 2015/2016 dengan total jumlah suara 206 sedangkan calon nomor urut 2 mendapat sebanyak 97 suara.
Selanjutnya pada hari Kamis, tanggal 11 Juni 2015, dilaksanakan Pemilihan umum Ketua Himpunan Mahasiswa Informatika (S1 Teknik Informatika) STT-PLN, diikuti oleh 4 pasangan calon Kahim dan Wakahim, dengan kandidat nomor urut 1 A. Halim Darmawan – Aufa Hafizh S, nomor urut 2 Fakhrurrizal – Gigih , nomor urut 3 Arif Iradat – Rizky, dan yang terakhir kandidat nomor 4 Erman Tri Marga - Rifky Nugraha. Acara dilaksanakan pada pukul 08.00 – selesai, dengan sesi debat kemudian dilanjutkan dengan pemungutan suara dengan sistem e-voting dan perhitungan suara yang dihadiri oleh 324 mahsiswa aktif HIMAKA. Terpilihlah A. Halim Darmawan – Aufa Hafizh S sebagai kandidat terpilih Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAKA) periode 2015/2016 dengan total 118 suara, pasangan nomor urut 2 49 suara, pasangan nomor urut 3 44 suara, dan pasangan nomor urut 4 60 suara.
Yang menjadi penutup PEMILU HMJ STT-PLN adalah dengan dilaksanakannya Pemilihan Umum Ketua Himpunan Jurusan Mahasiswa Sipil (S1 Teknik Sipil) STT-PLN pada hari Senin tanggal 15 Juni 2015, diikuti oleh 2 pasangan calon Kahim dan Wakahim, dengan kandidat nomor urut 1 Muhammad Ihsan – Rahmad Andi Arse Sormin dan kandidat nomor urut 2 Yunsiy – Zulfa Juliyana Prakoso. Acara dimulai pada pukul 08.00 – selesai dengan serangkaian acara debat calon kemudian dilanjutkan pemungutan suara dan perhitungan suara yang diikuti oleh 126 mahasiswa aktif HAMAS. Setelah dilakukan perhitungan suara terpilihlah Muhammad Ihsan – Rahmad Andi Arse Sormin sebagai kandidat terpilih Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HAMAS) periode 2015/2016 dengan jumlah 83 suara dan untuk kandidat nomor urut 2 sebanyak 41 suara.

Serangkaian acara pada pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan STT-PLN berkonsep sama, dimulai dengan debat kemudian diakhiri dengan pemungutan suara dan perhitungan suara. Sesi debat masih membahas tentag lingkup bagaimana cara memecahkan masalah yang mungkin diturunkan dari Kahim dan Wakahim sebelumnya, bagaimana cara membuat HMJ menjadi lebih maju bukan hanya di lingkungan kampus STT-PLN, tetapi juga di Regional, Nasional bahkan Internasional serta yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara membangun kekompakan dan loyalitas dari setiap mahasiswa aktif di masing-masing HMJ demi terwujudnya HMJ yang semakin berkualitas kedepannya. Selain itu, dengan diadakannya Pemilihan Umum Kahim dan Wakahim HMJ STT-PLN menjadi salah satu bukti bahwa asas demokratis masih sangat dijunjung tinggi di lingkup kampus STT-PLN. Tentunya dengan terpilihnya Ketua Himpunan Jurusan STT-PLN periode 2015/2016, semoga untuk kandidat terpilih dari tiap-tiap jurusan bisa mengemban amanah dengan baik, bisa tuntas melaksanakan tugas hingga masa jabatan selesai, tentunya bisa membawa nama baik jurusan dan STT-PLN di tingkat yang lebih tinggi. Congratulation :)