Wednesday, April 1, 2015

Salam Cerdas Dan Berprestasi !


Di awal semester genap ini, ada sebuah acara yang bisa dibilang ditunggu-tunggu oleh civitas akademika STT-PLN. Acara tersebut adalah Bulan Cerdas Mahasiswa (BCM) dan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES). Tapi dalam artikel ini topik akan dikerucutkan untuk membahas acara Bulan Cerdas Mahasiswa a.k.a BCM saja.
BCM adalah sebuah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan BEM STT-PLN.
Untuk tahun 2015, BCM mengambil topik umum "Energi, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan". Acara BCM diselenggarakan dari tanggal 16-24 Maret 2015. Jadi acara BCM ini full sama lomba-lomba, dan serunya lomba mereka ini pendaftarannya gtatis alias free alias gak bayar tapi hadiahnya jutaan rupiah. Kan seru tuh sigmainers, udah gratis daftarnya, kalau menang dapet hadiah pula!
Untuk lomba pertama adalah Speech dan Debat, diadakan tanggal 16 Maret 2015 yang dibuka oleh Bapak Imam Subekti. Peserta lomba Debat terdiri dari 8 grup sedangkan Speech ada 10 peserta. Dari Speech diambil 5 grand finalis yang akan dilombakan ke final BCM tanggal 24 Maret 2015 yaitu Randa Ramana, Shinta Novriani, Dedi Irawan, Atika Hasriana, dan Resiana Silaen.
Sigma Radio berkesempatan untuk sedikit berbincang dengan salah satu Grand Finalis lomba Speech yaitu Muhammad Dedi Irawan dari S1 Teknik Elektro. Ketika ditanyai bagaimana perasaan Dedi ketika menghadapi babak penyisihan kemarin, Dedi menjawab bahwa dia sedikit gugup "Kemarin sih ambil tema yang intinya apakah sistem pendidikan di indonesia berpengaruh dengan laju pertumbuhan korupsi, awalnya sih deg-degan karna aku undian pertama, lumayan nervous" dalam perbincangan dengan Sigma Radio, Dedi juga akan berusaha meningkatkan Public Speaking untuk menghadapi Grand Final nantinya.

 ini salah satu lomba di BCM, yaitu Cerdas Cermat

 Speech Competition dimenangkan oleh M. Dedi Irawan dan runner up nya adalah Atika Hasriana. Lomba Essay, dimenangkan oleh Sakinah Yahya. Untuk lomba selanjutnya ada Scrablle yang dimenangkan oleh pasangan I Guti Ngurah Agung Surya Pradipta Negara dan Diaz Andhani. Selanjutnya lomba Debat dimenangkan pula oleh grup HORAS yang beranggotakan Bintang Siregar, Dony Simatupang, Flora Lumbanbatu. Lomba yang gak kalah seru dari Speech, Debat dan Scrablle adalah Cerdas Cermat yang diikuti oleh banyak grup yang berasal dari mahasiswa-mahasiswa seluruh jurusan di STT-PLN. Dalam Cerdas Cermat ini, peserta diuji kemampuan pengetahuannya yang akhirnya dimenangkan oleh grup ZXC dan mereka berhasil masuk ke babak bonus dengan anggota Aditya Hendryan, Gery Abdel Gafar dan Zakariya. Selamat untuk para pemenang, semoga ilmu yang didapat dari BCM bisa bermanfaat.Yang gak kalah seru adalah penampilan hiburan BCM oleh salah satu Himpunan Daerah STT-PLN yaitu HIMAMI (Himpunan Mahasiswa Minang) yang membawakan satu buah lagu dan tarian khas daerah Minang yaitu Tari Piring.

Kebetulan Sigma Radio berkesempatan untuk sedikit berbincang dengan Ilham Nur Ahadi, selaku Ketua Panitia Pelaksana Bulan Cerdas Mahasiswa, menurut Ilham ada beberapa persamaan sekaligus perbedaan antara BCM tahun lalu dan tahun ini "Sebenernya sih kalo topiknya hampir sama di tiap tahun tetap mengutamakan pendidikan, teknologi dan tentunya berbasis energi karena kampus kita sendiri ini kan kampus teknik yang berhubungan sama energi juga, cuma pengembangannya aja yang sedikit beda kaya tahun ini temanya 'Menjadi Tunas Muda Penggerak Energi Terbarukan' kalo perbedaan yang mencolok sih karena tahun ini gak cuma BCM aja tapi ada Mawapres juga, trus dari segi teknis lomba juga berbeda, seperti misalnya tahun lalu Debat Bahasa Inggris sekarang diganti menjadi Debat Bahasa Indonesia agar peminatnya banyak, dan final lomba juga diadakan satu hari full." Ilham juga menambahkan bahwa antusiasme civitas akademika dengan BCM tahun ini makin meningkat, baik dari segi Dosen ataupun peserta BCM yang notabene adalah mahasiswa STT-PLN. Selanjutnya Ilham mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk panitia yang telah bekerja keras selama 2 minggu full, kemudian Ilham menambahkan untuk panitia harus bekerja keras mengejar ketertinggalan materi kuliah selama menjadi panitia BCM. Jadi, menurut Ilham, penting bagi mahasiswa bisa membagi waktu antara organisasi dan kuliah. llham berharap semoga kedepannya BCM semakin baik, pesertanya semakin banyak "Semoga makin baik kedepannya. Trus panitia tahun depan harus menyesuaikan jadwal kuliah peserta juga buat lombanya, biar gak miss communication. Diperbaiki teknis acaranya juga. Tambahan juga buat panitia tahun depan harus usaha keras untuk memperbaiki BCM tahun depan karena mulai tahun ini BCM dan Mawapres akan menjadi serangkaian acara."

Band HIMAMI yang membawakan satu lagu daerah Minang

Para penari Piring HIMAMI

Buat BCM semoga kedepannya bisa menyuguhkan acara yang lebih meriah, lebih edukatif dan lebih bermanfaat. SALAM CERDAS DAN BERPRESTASI!
-DCW-