Wednesday, April 1, 2015

MAWAPRES STT-PLN 2015

 Ini Mawapres dari masing-masing jurusan STT-PLN

Masih dalam rangkaian acara Bulan Cerdas Mahasiswa itu ada Mahasiswa Berprestasi (Mawapres). Jadi Mawapres ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa berprestasi dari tiap jurusan. Mawapres STT-PLN dipecah menjadi 2 bagian. Untuk bagian pertama ada dari Program Studi Strata Satu dan bagian kedua ada Program Studi Diploma Tiga. Untuk Strata Satu dibagi menjadi 4 wakil dari tiap jurusan di STT-PLN. Dari S1 Teknik Elektro Andi Ahmad Fadhillah, S1 Teknik Mesin Evan Satria, S1 Teknik Sipil Dita Sundary, dan S1 Teknik Informatika Andi Widya Mufila. Untuk program Diploma Tiga hanya satu perwakilan yaitu Alif Najmutsaqib dari D3 Teknik Mesin.
 salah satu peserta mawapres, Alif Najmutsaqib

Sebelumnya Sigma Radio sempat mewawancarai beberapa mahasiswa jurusan di STT-PLN tentang Mawapres yang dipilih secara random. Yang pertama dari jurusan S1 Teknik Sipil Angkatan 2013 adalah Junama Tiwinuari. Saat ditanya tentang Mawapres dari jurusannya dan bagaimana pendapatnya dia menjawab tahu dan mendukung “Tahu, namanya Dita Sundary. Keren kok dia, soalnya dia salah satu mahasiswa yang aktif di organisasi tapi prestasinya juga gak ketinggalan. Pokoknya dia itu multitalent”. Selanjutnya Tashqia dari jurusan S1 Teknik Elektro Angkatan 2014. Ketika ditanya tentang mawapres perwakilan dari jurusannya dia menjawab bahwa dia tahu tapi sedikit lupa “Tahu. Tapi lupa namanya. Aku vote dia juga kok, Cuma emang lupa aja namanya. Aku sih berharap dia menang soalnya dia kan perwakilan elektro, pokoknya perwakilan elektro harus menang.”. Kemudian sigma radio berlanjut ke sasaran berikutnya yaitu Faisal Nugraha dan Arif Rahman dari jurusan S1 Teknik Mesin Angkatan 2014, sayangnya saat ditanya tentang mawapres perwakilan jurusan S1 Teknik Mesin, mereka menjawab tidak tahu. Dan yang terakhir adalah Wali Syahputro dari jurusan S1 Teknik Informatika Angkatan 2014. Sama halnya seperti Tashqia, Wali menjawab hal yang sama, “Tahu. Aku vote juga. Serius deh. Tapi aku lupa namanya. Sedikit banyak tahu sih tapi gak tahu banget tentang kepribadiannya. secara umum saya menilai dia patut menjadi perwakilan jurusan, soalnya dia berprestasi, mampu menguasai teknologi, mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan orang sekitar secara baik.”

 Salah satu mawapres, perwakilan D3 Teknik Mesin, Alif Najmutsaqib

Sebelum menjadi perwakilan dari jurusan, dari tiap-tiap jurusan juga mengadakan seleksi untuk mendapatkan calon yang dikirimkan ke tingkat kampus STT-PLN. Kriteria yang telah ditentukan untuk Mawapres adalah IPK minimal 3.00; memiliki data prestasi di tingkat kota, provinsi, nasional, internasional; selain 2 kriteria dalam bidang akademik itu, yang gak kalah penting adalah mampu berorganisasi dengan baik meskipun dengan IPK yang tinggi. Mereka dituntut untuk membuat Karya Tulis lmiah dan kemudian dipresentasikan di depan para juri. Jadi mereka diberi beberapa topik yang berhubungan dengan tema Mawapres tahun ini yaitu “Tunas Muda Penggerak Energi Terbarukan” yang dikembangkan menjadi Karya Tulis Ilmiah dan Presentasi. Juri Mawapres ini gak sembarangan lho sigmainers. Mereka adalah Pak Bambang Isti Eddy, Pak Darma Rusjdi dan Pak Tasdik Darmana. Kalau Pak Bambang kan memang Waket III STT-PLN jadi pas buat jadi juri. Dipilih Pak Darma Rusjdi menjadi juri karena beliau dalah seorang dosen yang sangat menguasai Karya Tulis lmiah dan beliau juga sering mengikuti pelatihan presentasi baik tingkat nasional maupun internasional. Kalau Pak Tasdik Pramana dipilih menjadi juri karena beliau adalah pembimbing mahasiswa yang PKMnya lolos ke DIKTI. Jadi juri mawapres ini bukan orang sembarangan sigmainers setelah semua mawapres mengumpulkan Karya Ilmiah dan presentasi, Kak Andi Ahmad Fadhilah dari jurusan S1 Tekik Elektro dan kak Alif Najmutsaqib dari jurusan D3 Teknik Mesin, menjadi pemenang mawapres tahun ini.

juri-juri mawapres tampak dari belakang


Untuk para pemenang, sigma radio mengucapkan selamat, semoga kedepannya bisa membawa nama kampus STT-PLN lebih cemerlang di tingkat regional, nasional, ataupun internasional. Salam Cerdas dan Berprestasi.

-DCW-