Wednesday, November 27, 2013

Mahasiswa Kost? Pengen Hidup Hemat? Ini Tipsnya!





Sebagai seorang mahasiswa yang ngekost kita harus membiasakan diri hidup hemat. Karena gimana kehidupan kita selama sebulan  itu ditentuin sama diri kita sendiri. Setuju kan Sigmainers? Nah biar kita ga salah strategi yang bikin berlangsungnya ‘musim kemarau’ di dompet pas akhir bulan. Kita mau kasih tipsnya nih khusus buat Sigmainers J
1. Pilih Kostan Yang Murah dan Dekat dengan Kampus
Ini sangat menentukan nasib uang dalam dompet kita. Pilih lah kostan yang murah dan dekat dengan kampus. Nah ini berguna banget buat menghemat waktu pulang-pergi ke kampus juga menghemat uang transportasi. Kalo salah-salah pilih tempat kost, udah dipastiin banget strategi kita buat hemat selama kuliah langsung gagal total.  
Dan kalo udah dapet kostan yang murah, Ibu kost juga harus diperhatikan. Dan harus jeli dalam memilih Ibu kost. Eittss di sini bukan maksudnya buat ngincer Ibu kost ya Sigmainers! Jadi maksudnya cari Ibu kost yang minimal setiap beberapa hari dengan senang hati masakin makanan buat kita. Itu lumayan mengirit pengeluaran buat makan loh Sigmainers.
2. Masak Sendiri
Ini dia salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam misi hemat kita, coba bayangkan.
1 hari = 3 x makan
Kalo beli : 1 x makan = 3000 (harga nasi) x 3 = 9000/hari
9000 x 30 = 270.000/bulan
Tuh kan lumayan banget, kalo masak sendiri paling cuma modal beras aja. Apalagi kalo yang dirumahnya punya sawah, kita bekal beras untuk sebulan aja hemat. Lebih hebat lagi kalau masak sendiri di kostan. Jadi tinggal beli bahan makanan dari pasar terus tinggal dimasak deh. Dan keuntungannya dari masak sendiri, supaya sekalian bisa belajar jadi ibu rumah tangga. Dan pastinya kalo masak sendiri itu kebersihannya lebih terjaga kan? Setuju ga Sigmainers?

3. Sedia Mie Instan
Ya jaga-jaga aja, kalo kita uangnya emang bener-bener ga ada udah berusaha hemat tetep ga bisa ya untuk tanggal tua makannya mie instan aja. Tapi ini kalo udah kepepet aja ya Sigmainers. Jangan dijadiin kebiasan karena ga baik buat kesehatan.
4. Aktif di Kegiatan Kampus
Kenapa ? Biasanya kalo kita aktif di beberapa UKM atau organisasi pintu rezeki akan terbuka lebar dan hemat pun bisa berjalan. Percaya ga Sigmainers? Contohnya aja nih, waktu di UKM A kumpul pasti pada bawa makanan dan senior selalu menyempatkan mentraktir. Nah di sana kita bisa sekalian berbaikan gizi. Hari selanjutnya misalkan ada UKM B kumpul untuk menghadiri seminar nah kita ikut aja, pasti di sana akan ada makanan gratis, lumayan kan Sigmainers?  
5.  Berwirausaha
Nah ini yang menjadi favorit banyak mahasiswa, berjualan di kelas seperti keripik atau produk handmade. Selain kita bisa dapat penghasilan tambahan bisa juga belajar berwirausaha. Kayak kata pepatah sambil menyelam  minum air hehe
6. Aktif di Masyarakat sekitar Kostan
Nah disini selain kita melatih sosialisasi kita juga sebagai ajang memperlancar berhemat kita. Misalnya ketika ada tetangga di sekitaran kostan yang lagi syukuran kita datang atau ketika ada pengajian di masjid ikutan dan ada yang tahlilan kita datang. Nah selain perut terisi karena pasti ada makanan di sana, kita juga belajar bermanfaat untuk orang lain. Tapi tetep luruskan niat kita untuk ikhlas bermanfaat ya Sigmainers.
7. Simpan Uang di Bank
Jadi disini kita nabung di Bank tetapi tidak di simpan di ATM. Dan waktu kita mau mengambil uang itu, harus ke Bank nya langsung. Biasanya mahasiswa yang sibuk pasti tidak akan sering ke bank hanya sekedar ngambil uang goceng kan. Dan disini lah kita bisa nabung sekalian berhemat. Ya kan Sigmainers?
Nah itu dia tadi Sigmainers tips hemat ala mahasiswa kost. Dijamin ampuh deh Sigmainers. Tapi inget jangan terlalu dipaksain ya Sigmainers kan kasian diri lo sendiri nanti. Semoga tips ini bermanfaat ya 

Redaksi : Rizha Amanda
 @Ichaahiru