Wednesday, November 27, 2013

“Let’s Not Be A Cyber Criminal”










Di Indonesia menjelek-jelekan seseorang di internet termasuk cybercrime dan bisa di pidana loh Sigmainers! Supaya ga terjerat masalah hukum, kita mau ngasih tips nih buat Sigmainers.
Think before you post
Pikir baik-baik apakah postingan itu mengandung pencemaran nama baik atau tidak. Jangan hanya mengikuti emosi belaka yaaa sigmainers, trus kita ngepost sesuatu yang berbau menghina orang lain, atau menjatuhkan nama baik. Kata – kata yang digunakan juga menjadi acuan dalam mem-posting sesuatu, dan perlu di ketahui juga sigmainers, kebanyakan orang indonesia itu adalah perasa atau baper, dimana kita gak bermaksud menyinggung seseorang, eeeh malah ada yang tersiinggung. Hati-hati Sigmainers...
Jangan mudah terprovokasi
Kadang kita gampang terprovokasi kalau menanggapi sebuah masalah. Ada rame-rame dikit di twitter, kita ikut nyindir padahal kita ga tau inti masalah yang sebenarnya. Ini juga yang paling sering terjadi sigmainers, “DONT BE SUCH A HERO” terkadang temen kita lagi berantem sama orang lain di media sosial, dan karena kita ngerasa temennya, kita ikut-ikutan berantem dengan maksud membela, sok jadi pahlawan gitu laaah. Padahal yang namanya pahlawan itu tau kapan dan dimana harus bertindak, dan berantem di media sosial itu termasuk salah satu sifat kekanak-kananakan Sigmainers, a.k.a alay. So sebaiknya stay cool dulu ajaaa.
Tweet smart
Nah terkhusus untuk media sosial seperti twitter. Ga semua yang kita alami harus diketahui publik. Semisal sesuatu yang berhubungan dengan privasi. Yang namanya  privasi, masa di umbar di publik? Kan ga banget! Jadi penting banget buat menghargai privasi atau rahasia-rahasia orang lain dengan tidak mengumbarnya di  media sosial, sekalipun dengan tujuan bergurau atau bercanda.
Nah ini juga nih Sigmainers yang banyakan terjadi, mentang-mentang ngerasa teman, mungkin bercanda yakan, tapi kalo temen lo gak suka ? Ntar malah berantem dan tanpa sengaja kita menjelek-jelekkan nama baik teman kita sendiri. So, think before you post Sigmainers.

Baca UU No. 11 tahun 2008
Ga enak dong kalo kita menyandang gelar Cyber criminal? Nah dengan membaca undang-undang tentang Cybercrime ini, kita bisa tahu aturan yang berlaku dan ga melanggar batas.
So, ketahui aturannya dulu sebelum melakukan sesuatu... be a smart person Sigmainers.


Redaksi  : Rizha Amanda
@ichaahiru